Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » » » Pemilik Akun FB Yudha Setiawan Dilaporkan ke Polisi

Dianggap Sebar Ujaran Kebencian kepada Wartawan
Perwakilan wartawan saat mendatangi Polres Lumajang. (fit)
Lumajang, Motim - Puluhan wartawan perwakilan dari Forum Komunikasi Wartawan Lumajang (FKWL) dan Ikatan Wartawan Lumajang (IWL) mendatangi Polres Lumajang, Senin (15/1). Kedatangan mereka untuk melaporkan pemilik akun facebook atas nama Yudha Setiawan. Lantaran dianggap telah menyebar ujaran kebencian kepada wartawan melalui unggahan di media sosial.

Ketua IWL Lumajang, Basori usai melaporkan perkara ini, menyampaikan, dirinya mewakili para wartawan di Lumajang merasa dilecehkan. Karena dalam unggahan Yudha pada 13 Januari lalu menyebut ‘Wartawan’ bukan ‘Oknum Wartawan’.

“Hati-hati dolorrr, Lumajang tidak hanya dihuni preman, begal, dan sejenisnya... Melainkan juga wartawan “BODREK” yang berniat memeras saat datang ke instansi tempat anda bekerja..,” tulis Yudha.

Unggahan ini menurut Basori telah mencemarkan nama baik wartawan. “Kalau menyebut oknum bisa kita maklumi. Kita merasa tersinggung. Kita tidak nyaman. Sehingga dapat mengganggu kita dalam melaksanakan tugas di lapangan,” ujarnya.

Ia berharap pihak kepolisian bisa segera memproses dan menyelesaikan perkara ini. Pemilik akun tersebut, kata Basori bisa dijerat dengan pasal Pasal 28 ayat (2) ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik) terkait Penyebar Kebencian.

Di kesempatan yang sama, Karya Antoni, Reporter RRI mengganggap unggahan akun tersebut juga telah memprovokasi wartawan. “Kenapa harus memprovokasi masyarakat agar menjadi takut kepada wartawan, jika tidak punya salah kenapa harus takut untuk dipublikasikan,” katanya.

Lanjutnya, sudah sepatutnya masyarakat memahami hal apa saja yang tidak boleh ditulis dan dibagikan melalui media sosial. Ia berharap masyarakat juga bijak dalam menggunakan media sosial.

“Masyarakat harus berpikir ulang atas informasi apa yang ingin dibagikan ke orang lain yang nantinya akan dibagikan juga oleh orang lain tersebut,” ucapnya.

Sementara itu Kasat Reskrim Polres Lumajang, AKP Roy Aquary Prawirosastro, SH belum berhasil dikonfirmasi oleh Memo Timur terkait laporan ujaran kebencian tersebut.(fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: