Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » » » Pengelolahan Wisata Jangka Panjang Mulai Direncanakan

Ranu Kumbolo
Ranu Kumbolo
Lumajang, Motim - Pemerintah Kabupaten Lumajang telah menyusun Rencana Peraturan Daerah (Raperda) Rencana Induk Kepariwisataan. Tujuannya untuk mengatur rencana pengelolaan wisata di Lumajang dalam jangka panjang.

Kepala Bagian Hukum, Ahmad Taufik Hidayat, SH., M.Hum menyampaikan, dalam pengelolahan wisata sebenarnya membutuhkan rencana jangka panjang, menengah, dan pendek. Dalam Raperda yang disusun kali ini untuk mengatur rencana jangka panjang itu.

“Bagaimana mengelolah wisata sampai 15 tahun kedepan akan diatur,” kata Taufik.

Untuk lebih fokus dalam membuat perencanaan, dilakukan perencanaan per tahap. Dari jangka 15 tahun ini, akan dibagi lagi rencana per 5 tahun. Kemudian lagi, tiap 5 tahun itu, akan dibagi lagi rencana per tahunnya.

“Seumpama B29, bagaimana rencana kedepan. 15 tahun yang akan datang,” ucapnya.

Setiap destinasi wisata, kata Taufik, tentunya beda pula rencana dan pengelolahan. Karena juga akan bersinggungan dengan pemangku wilayah. Jadi dibutuhkan kerjasama yang bagus dengan pihak yang bersangkutan. Kecuali destinasi tersebut benar-benar dikelolah oleh Pemkab Lumajang sepenuhnya.

“Misalnya untuk Selokambang dan Kawasan Wonorejo Terpadu (KWT) itu Pemkab sepenuhnya,” ucapnya.

Sedangkan untuk destinasi yang dikelolah bersama Badan Otoritas dari putas, tentunya ada kebijakan tersendiri yang juga akan disepakati. Termasuk juga dengan destinasi wisata yang berada di kawasan Perhutani dan yang dikelolah dengan masyarakat.

“Jadi kedepan punya rencana untuk pembagiannya bagaimana, polanya bagaimana. Kita tuangkan dalam Perda tersebut,” katanya.

Taufik menambahkan, mengenai Program Legislasi Daerah (Prolegda) pada semester pertama di 2018, ada 9 Raperda yang akan dibahas bersama DPRD Lumajang. Termasuk Raperda Rencana Induk Kepariwisataan ini. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: