Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan


Lumajang, Motim - Informasi dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lumajang pada pertengahan 2018 bakal ada perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Seperti diketahui saat ini Pemerintah Kabupaten Lumajang sangat kekurangan PNS. Dari data yang ada, Lumajang saat ini kekurangan sekitar 3.000 PNS.

Kepala BKD Lumajang, Drs. Nurwakit Aliyusron menyampaikan, perekrutan rencananya akan dilaksanakan pada Maret hingga Juni. Saat ini tahapan persiapan perekrutan masih dilakukan. Termasuk berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan pusat.

Karena harus ada persetujuan dari pemerintah pusat dan provinisi terkait perekrutan ini. “Keputusan belum final. Karena kita masih melakukan persiapan untuk pengajuan. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi,” katanya.

Persiapan yang dilakukan saat ini, seperti penyusunan formasi kelembagaan melalui E-Formasi yang terus diupdate tiap tahunnya. Tinggal dilengkapi dengan data potensi wilayah dan struktur kelembagaan yang baru.

“Karena dari situ dapat dilihat jabatan apa yang dibutuhkan dan harus diisi,” jelasnya. Persiapan lainnya yakni masalah pendanaan untuk proses perekrutan itu. Karena sejak awal proses dana sudah harus siap.

Kemudian, mengenai persyaratan lain yang harus dipenuhi oleh Pemkab, yakni belanja pegawai dalam APBD harus dibawah 50 persen. Namun nampaknya hal itu sudah mampu dipenuhi, melihat dalam APBD 3 tahun terakhir belanja pegawai Pemkab dibawah 50 persen.

“Artinya sudah memenuhi persyaratan. Tinggal menganggarkan untuk proses perekutan saja,” ujarnya.

Meski seharusnya kebutuhan PNS di Lumajang sekitar 3.000 orang, tapi di tahun ini tidak harus dipenuhi semuanya. Nurwakit menegaskan, sesuai dengan saran dari pusat, di 2018 ini, ada perekrutan 400 hingga 700 CPNS dulu.

Karena hal ini melihat sejumlah program unggulan dari pemerintah pusat atau NAWA CITA. Jadi di daerah secara otomatis mengikuti. Seperti fokus lebih dulu di bidang pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: