Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » » Polemik Pantai Dampar Menemui Titik Terang

Perhutani Serahkan Keuntungan untuk Desa
Pantai Dampar Desa Bades Kecamatan Pasirian. (fit)
Lumajang, Motim - Polemik Pantai Dampar di Desa Bades Kecamatan Pasirian nampaknya sudah menemui titik terang. Persoalan antara pihak Perhutani Lumajang selaku pemangku kebijakan dengan warga setempat dan pihak desa sudah teratasi.

Soal pembagian hasil penjualan tiket masuk selama libur tahun baru juga sudah diselesaikan. Namun pihak Perhutani lebih memilih menyerahkan keuntungan itu kepada pihak desa. Perhutani hanya mengambil ganti rugi operasional saja.

Kepala Perhutani Lumajang, Mukhlisin, S Hut mengatakan uang sejumlah Rp 53.950.000 yang diserahkan pihak desa terhadap Perhutani merupakan uang ganti rugi operasional. Ia menegaskan bukan uang bagi hasil seperti yang sudah menjadi kesepakatan bersama.

Biaya operasional tersebut menjadi sebegitu besar lantaran pada saat itu di lokasi wisata akan diadakan hiburan berupa konser dangdut. Namun disayangkan konser tersebut harus diurungkan lantaran penolakan dari masyarakat, padahal biaya sudah terbayarkan.

Jika berbicara kesepakatan antara pihak desa dan Perhutani, tentu penyerahan uang operasional itu tidak masuk dalam kesepakatan bersama. “Seharusnya yang dibagi hasil adalah sisa setelah dikurangi operasional, tapi kami tidak meminta itu. Semua kami serahkan kepada desa,” katanya.

Menurutnya hal itu merupakan bentuk kepedulian Perhutani kepada masyarakat di desa. Maka dari itu bentuk kepedulian tersebut, jangan sampai diciderai lantaran beberapa oknum yang tidak ingin konflik segera disudahi.

Sehingga pihaknya berharap ada peran pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Pariwisata untuk memberikan pemahaman, jika lahan tersebut merupakan lahan hutan. “Disini seharusnya peran pemerintah daerah hadir, agar masyarakat sadar jika lahan tersebut adalah kawasan hutan,” tuturnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: