Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » » Sepekan Cuaca Berdampak Buruk di Lumajang

wawan hadi s
Petugas mengevakuasi pohon tumbang
Lumajang, Motim - Cuaca buruk melanda Lumajang sepekan kemarin. Hujan deras disertai angin kencang hampir terjadi setiap hari. Hal itu berdampak buruk di sejumlah titik di wilayah Lumajang. Dilaporkan bencana alam seperti banjir genangan dan pohon tumbang terjadi, namun beruntung tidak ada korban jiwa.

Dari laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, sejak 8 Januari 2018, lebih dari 5 titik yang terdampak cuaca buruk. Upaya sigap yang dilakukan oleh BPBD bersama dengan jajaran lainnya, sehingga bencana bisa tertangani dengan cepat.

Pada 8 Januari, hujan deras mengakibatkan banjir genangan di pemukiman warga, tepatnya di Dusun Biting, Desa Kutorenon, Kecamatan Sukodono. Banjir genangan juga merendam sejumlah rumah warga di Desa Banyuputih Lor, Kecamatan Randuagung.

Kemudian 9 Januari, sebatang pohon waru berukuran besar berdiameter sekitar 40 sentimeter tumbang di kawasan Pasar Kecamatan Tempeh. Tumbangnya pohon yang sudah lapuk tersebut, sempat mengganggu lalu lintas di sana.

Di hari yang sama, hujan lebat disertai angin mengakibatkan sebuah rumah rusak cukup parah. Tepatnya di jalan Semeru, Kelurahan Citrodiwangsan, Kecamatan Lumajang. Atap rumah ambruk dan penghuni rumah sementara waktu harus mengungsi.

Pohon tumbang kembali terjadi pada 12 Januari. Sebatang pohon kelapa tumbang di Desa Bodang, Kecamatan Padang dan menimpa rumah warga. Akibatnya, atap rumah mengalami kerusakan yang cukup parah.

Lagi-lagi pohon tumbang terjadi. Pada 13 Januari, pohon johor berdiameter 30 sentimeter di kawasan kota tumbang. Meski tidak mengganggu lalu lintas dan berdampak pada rumah warga, namun pohon tersebut menimpa kabel listrik. Sehingga membahayakan. Petugas yang mengevakuasi harus berhati-hati.

Kepala Bidang Kesiapsiagaan BPBD Lumajang, Wawan Hadi menyampaikan dalam sepekan kemarin memang cuaca buruk melanda Lumajang. Namun intensitasnya berbeda-beda di sejumlah wilayah.

“Intensitasnya tidak sama, ada yang rendah, sedang, dan tinggi,” kata dia.

Namun meskipun bencana terjadi di sejumlah titik, beruntung tidak ada korban jiwa. Hanya kerugian material saja. Upaya yang dilakukan oleh petugas bersama warga setempat di lokasi bencana juga membuat proses evakuasi berajalan cepat.

Kemudian, di pekan ini, Wawan mengatakan, hujan deras juga bakal melanda wilayah Lumajang. Kemungkinan terjadinya bencana juga masih ada. Untuk itu menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada.

“Utamanya di wilayah daerah aliran sungai Semeru,” ujarnya.

Ia menambahkan, dari informasi Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) angin akan berhembus agak landai. Potensi ombak besar juga tidak ada. “Angin diprediksi landai, ombak juga normal,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: