Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » » Tomas Dilibatkan dalam Pemutakhiran Data Pemilih

Divisi Perencanaan dan Data KPU Lumajang Syamsul S.Pdi. (fit)
Lumajang, Motim - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang akan segera melakukan Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih (PD2P). Sejumlah petugas yang sudah ditetapkan di tiap-tiap desa/kelurahan akan dikerahkan untuk memfinalkan data pemilih untuk Pemilihan Gubernur Jatim dan Pemilihan Bupati Lumajang 2018. Selain petugas, tokoh masyarakat (tomas) setempat akan dilibatkan.

Divisi Perencanaan dan Data KPU Lumajang, Syamsul S.Pdi mengatakan petugas akan mulai melakukan pemutakhiran dari rumah ke rumah secara serentak pada 20 Januari mendatang. Tiap petugas minimal mengunjungi 5 rumah untuk mencoklit data pemilih.

Untuk memaksimalkan kegiatan ini, petugas diharapkan bisa menggandeng para tokoh masyarakat (tomas) setempat untuk terlibat. Karena selain mencoklit, juga dilakukan sosialisasi kepada pemilih.

Disini tomas memiliki peran besar untuk memberikan pemahaman kepada pemilih agar menggunakan hak suaranya. “Harapannya, tokoh masyarakat bisa mengajak warga juga,” kata Syamsul.

Dengan begitu, diharapkan angka partisipasi pemilih bisa lebih tinggi dibandingkan dengan dua Pilkada edisi terakhir. Seperti diketahui, di Pilkada Lumajang pada 2008 dan 2013 partisipasi pemilih hanya mencapai 70 persen.

Syamsul menegaskan, aksi coklit bersama ini untuk memastikan sosialisasi bukan hanya di tingkat elit. Namun juga bisa langsung mencakup di kalangan bawah. “Sosialisasi kita sampai di tataran bawah,” ungkapnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: