Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » » 7.617 Personil Linmas Disiapkan untuk Pengamanan Pilkada

Apel Siaga Linmas yang digelar di Stadion Semeru Lumajang
Apel Siaga Linmas yang digelar di Stadion Semeru Lumajang
Lumajang, Motim - Dalam pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tidak bisa terlalu mengandalkan pihak kepolisian dan TNI saja. Seperti diketahui jumlah personil yang ada juga terbatas. Untuk itu perlu keterlibatan personil Satuan Perlindungan Masyarakat (Sat Linmas) untuk ikut membantu pengamanan Pilkada mendatang.

Di Lumajang saat ini ada 7.617 personil Linmas yang sudah secara resmi terdaftar di Pemerintah Kabupaten Lumajang di bawah naungan Satpol PP. Jumlah tersebut akan dikerahkan semua untuk terlibat dalam pengamanan Pilkada 2018.

Personal Linmas ini sudah secara resmi dilantik oleh Bupati Lumajang, Drs. H. As’at Malik, M.Ag di Stadion Semeru, Selasa (6/2). Jumlah yang ada ini tersebar di 205 Desa/ Kelurahan se-Kabupaten Lumajang.

Dengan jumlah 7 ribu lebih tersebut, sangat dimungkinkan pengamanan bisa maksimal, untuk pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Pasalnya ada 1.872 TPS yang akan didirikan untuk Pilkada serentak mendatang.

Bupati menegaskan, selain kepolisian dan pihak pengaman lainnya pemimpin di wilayah masing-masing juga harus proaktif menjaga kondusifitas. Para Camat, Kepala Desa, dan Lurah diminta untuk lebih peka dan tanggap untuk mendeteksi sekaligus mencegah sejak dini adanya potensi ancaman gangguan.

“Utamanya yang diprediksi berpotensi dapat memicu terjadinya konflik horisontal menjelang pelaksanaan Pilkada,” kata bupati.

Bupati juga menyampaikan, pemerintah memiliki kewajiban menyelenggarakan ketertiban umum, ketentraman serta perlindungan masyarakat. Demikian juga dengan Pemerintah Desa yang juga memiliki kewajiban yang sama melalui Satlinmasnya.

“Satuan Linmas adalah tangan kanan bupati dalam membantu menanggulangi bencana, menjaga keamanan, ketertiban, dan memberikan perlindungan dan rasa nyaman masyarakat di Kabupaten Lumajang yang sama-sama kita cintai, oleh karenanya pemberdayaan Satuan Linmas adalah mutlak,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Bupati menyampaikan kondisi masyarakat Lumajang saat ini sudah relatif aman dan kondusif dan harus terus bersama-sama dipertahankan. Ia mengajak kepada para Camat, Lurah dan Kepala Desa untuk terus bergandengan tangan.

“Saling menguatkan, bersinergi guna melanjutkan pengabdian dan kerja nyata demi terwujudnya Kabupaten Lumajang yang lebih baik, sejahtera dan bermartabat,” tegasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: