Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » » Belum Semua Penderita Sakit Jiwa Tertangani

Pertemuan  Perencanaan dan  Evaluasi Program Kesehatan Jiwa
Pertemuan  Perencanaan dan  Evaluasi Program Kesehatan Jiwa
Lumajang, Motim - Di Lumajang jumlah ODGJ (Orang Dengan Ganggun Jiwa) ternyata semakin meningkat dari tahun ke tahun. Laporan dari Dinas Kesehatan, data tahun 2017, jumlah penderita yang ditemukan mencapai 1000 orang.

Dari jumlah di atas, yang mendapatkan pelayanan sebanyak 761 orang. Sedangkan 30 orang masih dalam kondisi pasung. Sehubungan dengan hal tersebut, Dinas Kesehatan terus mengupayakan penangan penderita gangguan jiwa lebih maksimal.

Salah satunya dengan memaksimalkan program kesehatan di masing-masing Puskesmas yang tersebar di Lumajang. Dengan harapan pelayanan kepada para penderita ini bisa lebih terjangkau.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Lumajang, Agus Hari Widodo, S.KM., M.Kes berharap penanganan bisa dilakukan baik. “Secara integral dan komprehensif,” katanya.

Ia menegaskan, angka sembuh penderita dengan gangguan jiwa belum berubah secara signifikan, justru dari tahun ke tahun jumlah penderita gangguan jiwa semakin bertambah. Perlu dilaksanakan koordinasi dan kerjasama lintas program di tingkat puskesmas maupun ponkesdes.

“Serta perhatian dan kepedulian dalam menangani masalah ODGJ di wilayah masing-masing,” jelasnya dalam acara “Pertemuan Perencanaan dan Evaluasi Program Kesehatan Jiwa” di Ruang Pisang Agung Dinas Kesehatan, Rabu (21/2).

Lanjutnya, petugas di Puskesmas, harus bisa meningkatkan kemampuan identifikasi masalah kesehatan jiwa. Baik di unit pelayanan maupun di masyarakat. Dalam rangka meningkatkan cakupan pelayanan serta meningkatkan koordinasi dan kerjasama lintas program.

“Di tingkat Puskesmas maupun Ponkesdes serta perhatian dan kepedulian dalam menangani masalah ODGJ di wilayah,” terangnya.

Selain hal tersebut upaya pembinaan pada petugas kesehatan perlu dilaksanakan secara kontinyu. Terutama jika terkait dengan pelaksanaan suatu program kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan dasar, salah satunya pelayanan kesehatan jiwa. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: