Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Petugas memasang papan nama pohon di Alun-alun
Petugas memasang papan nama pohon di Alun-alun
Lumajang, Motim - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memberikan edukasi positif bagi masyarakat. Edukasi dengan cara unik dan tidak membosankan. Seperti yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang mencoba berikan edukasi pada masyarakat melalui media pohon.

Caranya memang terlihat sederhana. Namun hal ini oleh DLH diyakini bermakna dan berdampak besar bagi masyarakat. Edukasi itu dilakukan dengan cara memberi nama setiap jenis pohon yang ada di Alun-Alun.

Dengan cara ini, diharapkan masyarakat lebih mudah mengetahui dan mengingat nama pohon yang dijumpai di Alun-Alun. Karena tidak semua jenis pohon yang ada bisa diketahui oleh masyarakat. Seperti Pohon Tanjung dan Sawo Kecik.

Kepala Bidang Pengelolahan Ruang Terbuka Hijau, Yuli Harris mengatakan, dengan langkah ini, Dia ingin Alun-Alun bukan hanya sebagai tempat rekreasi namun juga bisa lebih dari itu. Alun-Alun bisa lebih bermanfaat untuk sarana belajar juga.

“Saya ingin Alun-Alun bukan hanya sebagai tempat rekreasi tapi juga edukasi,” katanya pada Memo Timur, Selasa (6/2).

Nama-nama yang tertera selain tertulis dalam Bahasa Indonesia juga ditambahkan nama latin dari pohon tersebut. Sehingga masyarakat bertambah wawasanya. Karena juga mengetahui istilah latin pohon tersebut.

Nama pohon yang dicantumkan tersebut juga didesain dengan sangat cantik pula. Melalui kayu yang terpotong tipis dan kemudian ditulis dengan cat. Jenis huruf yang digunakan tidak biasa, sangat menarik. Hal ini tentu menambah keindahan pohon tentunya.

Untuk pemasangannya pun tidak sembarang dipasang. Bukan dengan cara dipaku yang bisa merusak pohon itu sendiri. DLH sangat menjaga pertumbuhan pohon yang ada. Papan tulisan tersebut hanya diikat ke pohon dengan tali yang ramah lingkungan.

Untuk sementara ini, memang hanya pohon yang ada di Alun-Alun saja yang diberi papan nama. Ke depan, kata Yuli, pohon di luar Alun-Alun juga akan diberi papan nama juga. “Ya, pinginnya juga di seputaran Alun-Alun,” katanya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: