Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan


Lumajang, Motim - Dana himbaga yang dikhususkan bagi lembaga agama di Lumajang nilainya cukup besar. Tahun 2018 ini Pemerintah Kabupaten Lumajang menganggarkan Rp 900 juta. Jumlah tersebut diperuntukkan 78 lembaga.

Jumlah lembaga yang akan menerima bantuan dana hibah itu sudah sesuai dengan yang ditetapkan di APBD Lumajang 2018. Karena sebelumnya lembaga yang bersangkutan sudah mengajukan proposal. Kemudian diverifikasi adminstrasi dan dibahas dalam Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS).

Dana hibah yang diberikan khusus untuk melakukan rehabilitasi ataupun pembangunan lembaga. Lembaga agama yang dimaksud seperti masjid, musholah, pondok pesantren, taman baca alquran. Juga termasuk pura dan gereja serta lembaga agama lainnya.

“Bisa untuk rehab ringan, sedang, atau pembangunan juga,” kata Kepala Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat, Iskandar SP, Selasa (20/2).

Masing-masing lembaga nilai bantuan yang diterima berbeda. Tergantung permintaan dan verfikasi lapangan dan petugas. Ada lembaga yang menerima bantuan sesuai dengan proposal dan ada yang mendapat di bawahnya.

“Melihat bobot kerusakan dan yang dikerjakannya. Ada yang mengajukan 20 juta dapat 20 juta. Ada yang mengajukan 50 juta, dapat di bawahnya,” jelasnya.

Tidak semua lembaga yang mengajukan proposal bisa mendapat dana hibah ini. Karena ada aturan yang berlaku. Misalnya lembaga yang berbentuk yayasan sudah harus terdaftar di Kemenkumham. Jika bukan yayasan, harus ada surat keterangan dari Kemenag.

“Dan yang penting, tanah yang diusulkan adalah tanah yang bentuknya wakaf. Bukan perseorangan. Jika persorangan, harus diwakafkan dulu,” katanya.

Kemudian, jika ada lembaga yang baru mengajukan proposal di tahun ini, Iskandar menyebut pihaknya tentunya belum bisa memberikan dana hibah. Harus menunggu di tahun berikutnya. Atau jika ada kemungkinan Perubahan APBD, bisa diikutsertakan.

“Tapi kemungkinan adanya Perubahan APBD kan kecil,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: