Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » FKUB Tidak Terprovokasi dengan Aksi Pengrusakan Pura

Rapat dengan FKUB Lumajang
Rapat dengan FKUB Lumajang
Lumajang, Motim - Perwakilan agama di Lumajang yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) akan menggelar deklarasi damai. Hal ini dilakukan, sebagai buntut kejadian pengrusakan di Pura Mandara Giri Semeru Agung.

Dengan deklarasi ini, diharapkan kerukunan yang selama ini sudah tercipta tidak terusik dengan adanya kejadian tersebut. Sekaligus sebagai bentuk jika FKUB tidak terprovokasi oleh oknum tak bertanggungjawab yang sengaja merusak patung di pura pada Minggu (18/2) lalu.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Lumajang, Ir. Suyanto sejak kejadian tersebut pihaknya sudah mengambil langkah. Dengan melakukan koordinasi dengan FKUB, agar tidak ada kesalah pahaman antar umat beragama.

Karena selama ini, Lumajang sudah dikenal sebagai daerah yang penuh toleransi antar umat beragama. “Selama ini Lumajang sudah aman, lancar, dan damai, dalam pelaksanaan kegiatan keagamaan. Tidak ada masalah,” ucapnya.

Namun sangat disayangkan memang, kata Suyanto, adanya kejadian pengrusakan itu pada waktu lalu. Sehingga membuat hal ini menjadi sorotan dan isu sensitif. Bukan hanya di Lumajang saja.

“Dari pusat, regional, sampai lokal ikut ramai juga,” ucapnya.

Ia menegaskan, deklarasi yang akan digelar bentuk antisipasi juga. Agar kerukunan umat beragama di Lumajang bisa terus berjalan dengan baik. Dalam deklarasi ini, selain tokoh agama perwakilan dari masing-masing agama, juga akan melibatkan sejumlah pihak lainnya. Baik dari pihak keamanan dan juga pimpinan daerah.

Sebelumnya, Bakesbangpol juga telah menggelar koordinasi dengan FKUB sesuai dengan jadwal yang ditentukan sebelum ada kejadian tersebut. Namun dalam rapat ini tidak banyak dibahas soal itu.

“Rapat sebelumnya sudah terjadwalkan memang. Namun tidak tahunya pada hari minggu ada kejadian pengrusakan itu,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: