Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » » » » Hore! Bus Sekolah Gratis Sudah Diluncurkan Bupati As’at

Bupati As’at meluncurkan Bus Sekolah Gratis
Bupati As’at meluncurkan Bus Sekolah Gratis
Lumajang, Motim - Sehari menjelang cuti untuk kampanye Pilkada Lumajang, Bupati Lumajang, Drs. H. As’at Malik, M.Ag meluncurkan bus sekolah gratis. Peluncuran dilakukan di Balai Desa Jatirejo, Kecamatan Kunir, Rabu (14/2).Untuk mengawali program ini, ada dua armada bus yang akan dioperasikan.

Bus pertama untuk rute Kecamatan Kunir-Kota. Bus kedua untuk rute Kecamatan Rowokangkung-Kota. Program Bus Sekolah Gratis dari Dinas Perhubungan Lumajang ini memang dikhususkan bagi pelajar yang berada di kawasan pinggiran. Kawasan yang masih belum terjangkau angkutan umum. Sehingga memudahkan transportasi mereka untuk pergi dan pulang sekolah.

Selain itu, Bupati mengatakan, program ini dibuat untuk meminimalisir kecelakan lalu lintas dan tindak kriminal terhadap pelajar. Dengan bus gratis, tentunya juga dapat mengurangi beban ekonomi para orangtua. Karena biaya trasnportasi berangkat dan pulang sekolah sudah ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang.

Peluncuran bus sekolah gratis ini ditandai dengan pemecahan kendi oleh bupati. Ia juga mengatakan, program ini dibuat juga untuk mengurangi penggunaan motor di kalangan pelajar. Utamanya bagi pelajar yang di bawah umur atau masih belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

“Mudah-mudahan bus ini bermanfaat untuk masyarakat Lumajang, khususnya untuk masyarakat Kunir dan Rowokangkung,” ujar bupati.

Bupati menegaskan, untuk bisa mensukseskan hal ini, orangtua harus mendukung program ini. Dan menyuruh anaknya untuk naik bus gratis daripada naik motor sendiri. Kepala desa dan camat juga harus berperan aktif dalam melakukan sosialisasi. Jam keberangkatan dan pemulangan harus diketahui secara luas. Termasuk titik-titik penjempuatan atau halte.

“Agar dimanfaatkan dengan sebaik-sebaiknya,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan, Sugeng Priyono, S.Sos, MM, menyampaikan bahwa pelajar merupakan kader bangsa yang harus mendapatkan perhatian. Serta dukungan dan fasilitas dari Pemerintah Daerah berupa transportasi umum.

“Dikarenakan mereka para pelajar berpotensi mengalami kecelakaan, berpotensi kriminalitas dan terjadi pelanggaran-pelanggaran di jalan,” ujarnya.

Lanjutnya, program bus sekolah gratis ini memang diutamakan yang tidak dilalui angkutan kota dan angkutan pedesaan. Untuk sementara memang dua armada, jika nantinya berjalan dengan bagus, tentu bakal ada penambahan armada.

Sementara untuk rute, bus pertama dari Balai Desa Jatirejo - Jl. Kunir - Desa Kedungmoro - Desa Derogowok - Desa Klampokarum - Desa Grati – Jl. Suwandak – Jl. Panjaitan - Jembatan Merah – Klojen – Jl. Slamet Riyadi – Jl. Veteran – Jl. A.Yani - Samsat Lumajang - Jl. Pisang Agung - Terminal MPU (parkir).

Untuk rute bus kedua, dari Kantor Kecamatan Rowokangkung - Desa Sumbersari - Desa Sumberayar - Dawuhan Wetan - Desa Blukon - Desa Boreng – Suko - Jl. Hariyono - Jembatan Gambiran - Jl. Pisang Agung - Jl. A. Yani - Jl. Veteran - Jl. Slamet Riyadi - Klojen - Jembatan Merah - Jl. Panjaitan - Terminal MPU (parkir).

Adapun tempat pemberhentian halte untuk jurusan Kunir yakni di Balai Desa Jatirejo, Masjid Jami’ Kunir, Balai Desa Kedungmoro, Dorogowok dan Balai Desa Klompok Arum.

Sedangkan untuk jurusan Rowokangkung pemberhentian di Kantor Kecamatan Rowokangkung, Perempatan Desa Sumbersari, Desa Sumberayar, Pasar Dawuhan Wetan, dan Masjid Boreng barat.

Selain bus sekolah gratis, Pemkab Lumajang sebelumnya juga telah meluncurkan program angkutan kota gratis bagi pelajar. Program ini masih terus berjalan untuk memudahkan para pelajar di kawasan perkotaan untuk berangkat dan pulang sekolah. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: