Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » » » Jadi Tuan Rumah FKKS Jatim, Lumajang Tampilkan Kesenian Terbaik

Bupati dan tampilan  di FKKS
Bupati memberikan sambutan di panggung FKKS
Lumajang, Motim - Kabupaten Lumajang kembali mendapatkan kehormatan menyelenggarakan even besar di Jawa Timur. Kali ini Lumajang berkesempatan menjadi tuan rumah Festival Kesenian Kawasan Selatan (FKKS) Jawa Timur yang digelar pada 10-11 Januari 2018 di Alun-Alun.

FKKS tahun ini merupakan gelaran yang ke 14 sejak tahun 2005, diikuti oleh 8 Kabupaten yakni Trenggalek, Lumajang, Malang, Pacitan, Blitar, Jember, Tulungagung, Banyuwangi dan 1 Tamu Kehormatan dari Kabupaten Badung provinsi Bali.

Pembukaan FKKS 2018 berlangsung meriah dengan suguhan tarian selamat datang dari Lumajang yakni Tari Godril Lumajangan. Tarian ini pernah menjadi tarian ter-spekta pada gelaran FKKS sebelumnya.

“Tari Godril tidak kalah dengan tari-tari lain,” kata Bupati Lumajang, Drs. As'at, M.Ag saat membuka acara, Sabtu (10/2), malam.

Terkait dengan tamu kehormatan dari Kabupaten Badung-Bali, bupati menyampaikan sengaja didatangkan dikarenakan adanya hubungan historis antara Lumajang dengan Bali. Selain itu, bupati juga menyampaikan Lumajang merupakan salah satu dari empat kabupaten yang potensi wisatanya akan dikembangkan oleh Badan Otoritas Pusat.

“Nantinya akan dibangun sarana akses yang mudah menuju lokasi wisata. Jika terrealisasi, tentunya akan berdampak positif untuk perkembangan perekonomian Kabupaten Lumajang,” ucapnya.

Di kesempat yang sama Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Dr. H. Jarianto, M.Si dan selaku Ketua Panitia melaporkan bahwa FKKS yang sudah digelar sejak tahun 2005. Bertujuan untuk meningkatkan seni kreativitas masyarakat dalam rangka mempromosikan perkembangan kesenian dan potensi budaya di masing-masing daerahnya.

“Sekaligus mempererat kerjasama antar daerah kawasan pesisir selatan,” katanya.

Ia juga berterimakasih kepada Lumajang yang sukses menyelenggarakan FKKS kali ini. “Terimakasih kepada Bupati Lumajang atas terselenggaranya dan segala dukungannya baik secara materiil maupun moril,” ungkapnya.

Pagelaran kali begitu spesial dengan tema budaya gunung.“Dengan mengangkat tema Ekspresi Budaya Gunung, materi pagelaran kesenian daerah yang bernafaskan kesenian kawasan selatan dikemas sajian khas dan menarik dengan ekspresi budaya gunung,” ucapnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: