Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Play Ground di Alun-Alun Lumajang
Play Ground di Alun-Alun Lumajang
Lumajang, Motim - Pengerusakan oleh oknum tidak bertanggungjawab kerap terjadi pada aset pemerintah untuk masyarakat umum. Seperti aset untuk keindahan kota. Taman, lampu hias, dan sebagainya sering dirusak oleh tangan jahil.

Contohnya, adalah lampu hias di Jembatan Pelangi yang menuju ke Alun-Alun. Pernah hampir tiap hari ada bola lampu yang hilang. Sehingga petugas harus sering-sering mengganti bola lampu yang hilang itu. Supaya keindahan jembatan tetap terjaga.

Sejumlah kerusakan kecil lainnya di taman-taman Lumajang. Baik itu di taman aktif atau pasif. Taman pasif adalah taman yang tidak bisa digunakan untuk rekreasi seperti Taman Arya Wiraraja dan Taman Bahagia. Sedangkan taman aktif untuk rekreasi seperti di Alun-Alun Lumajang.

Untuk menjaga aset pemerintah, khususnya untuk keindahan kota ini dibutuhkan petugas khusus untuk menjaganya. Kepala Bidang Pengelolahan Ruang Terbuka Hijau Dinas Lingkungan Hidup Lumajang, Yuli Harris mengatakan, petugas tersebut kalau di daerah lain disebut ‘Polisi Taman’.

Daerah yang sudah memiliki Polisi Taman contohnya adalah di Malang. Pihaknya sempat studi banding ke sana mengenai perawatan taman. Dan Malang memiliki petugas khusus untuk menjaga aset taman itu.

“Ini rencana kita, ada Polisi Taman nantinya,” kata Yuli pada Memo Timur. Jadi secara bergantian mereka akan berpatroli di taman-taman dan aset keindahan kota. Untuk menjaganya dari aksi pengerusakan.

Misalnya saja di Alun-Alun, karena usai ada rehab, banyak aset untuk umum yang disediakan. Namun tingkat kesadaran masyarakat kadang ada yang rendah. Sehingga entah penggunaannya yang tidak sesuai atau disengaja, sehingga rusak.

Untuk taman bermain anak atau play gorund yang baru dibangun misalnya. Jika tidak dijaga, asetnya bisa cepat rusak. Karena terkadang ada orang dewasa yang menggunakan aset itu. Padahal itu tidak dibolehkan.

“Tugas Polisi Taman inilah nanti yang akan mengingatkan,” ucapnya. Ia berahap dalam waktu dekat rencana ini bisa terrealisasi. Petugas yang ada, merupakan di bawah naungan dari Dinas Lingkungan Hidup. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: