Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » » Konservasi Pinang Jawa di Kawasan TNBT Dilakukan

Konservasi Pinang Jawa di Kawasan TNBTS
Konservasi Pinang Jawa di Kawasan TNBTS
Lumajang, Motim - Kelestarian alam di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) terus dijaga. Salah satu tanaman yang terus dijaga kelestariannya di kawasan ini adalah Pinang Jawa atau jua dikenal Pinanga Javana Blume dalam istilah latinnya.

Untuk menjaga kelestarian Pinang Jawa, TNBTS telah melakukan konservasi tanaman tersebut. Konservasi yang dilakukan merupakan rencana panjang yang sudah dimulai tahun-tahun sebelumnya.

Di awal tahun ini, TNBTS melakukan penanaman di 6 lokasi berbeda. Diantaranya di Resort Jabung, Resort Coban Trisula, Resort Ranupani, Senduro, dan Gucialit, serta Resort Ranu Darungan.

Penanaman dilakukan oleh petugas TNBTS dan sejumlahh elemen seperti Masyarakat Pengguna Air (HIPPAM), Kelompok Tani Konservasi, Muspika, Perhutani, Dinas Pariwisata dan Mitra TNBTS. Ada ratusan orang terlibat dalam aksi ini.

Kepala TNBTS, Ir. Jhon Kenedie, M.M. mengatakan, untuk rencana kedepan juga akan dilakukan pembibitan pinang jawa di persemaian Coban Trisula dan Ranu Darungan. Serta di kelompok-kelompok tani desa penyangga, sertifikasi benih, izin penangkaran serta edukasi budidaya tanaman pinang jawa di lahan masyarakat.

Konservasi harus dilakukan, karena Pinang Jawa sempat terancam akan punah dan kemudian dilindungi oleh pemerintah. “Melalui Peraturan Pemerintah No. 7 tahun 1999 yang di dalamnya menyatakan bahwa pinang Jawa berstatus dilindungi,” katanya.

Upaya meningkatkan populasi pinang Jawa di TNBTS, dilakukan sejak 2013 pada saat ekspedisi eksplorasi ekologi Ranu Tompe. Ditemukan buah pinang Jawa yang sudah masak dan dibawa sebagian ke persemaian Resort Ranu Pane untuk disemai.

“Pada akhir tahun 2016 mencoba lagi menyemai biji pinang Jawa di persemaian Resort PTN Wilayah Ranu Darungan,” jelasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: