Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » » Satgas Ganas Smaga Ingatkan Bahaya Narkoba ke Sesama Pelajar

Sosilisasi Anti Narkoba dari Satgas Ganas Smaga pada sesama pelajar
Sosilisasi Anti Narkoba dari Satgas Ganas Smaga pada sesama pelajar
Lumajang, Motim - Tugas dalam pemberantasan narkoba bukan hanya milik kepolisian dan Badan Narkotika Nasional (BNN) saja. Para pelajar juga memiliki kewajiban yang sama. Utamanya bertugas untuk mengingatkan sesama pelajar atau kawan sebayanya untuk menjauhi narkoba.

Seperti yang telah dilakukan oleh pelajar dari SMA Negeri 3 (Smaga) Lumajang. Sejumlah pelajar yang tergabung dalam Satuan Petugas Gerakan Anti Narkoba (Satgas Ganas) itu melakukan sosialisasi anti narkoba dan zat adictif lainnya di SDN Citrodiwangsan 3, Sabtu (24/2), lalu.

Dalam kegiatan yang mengambil tema “Masaku Masa Gemilang, Cemerlangku Tanpa Narkoba” itu, mereka memberikan pemahaman mengenai bahaya narkoba. Juga bahaya rokok dan minuman keras.

Kegiatan positif ini diikuti lebih dari 50 siswa/ siswi. Dalam memberikan materi, Satgas Ganas didampaingi Humas BNNK Lumajang, Wahyudi dan Pembina Satgas Ganas SMA Negeri 3 Lumajang, Yopi Aris Widiyanto.

Yopi menjelaskan, sosialisasi tersebut merupakan program kerja Satgas Ganas sejak 5 tahun terakhir. Selain sosialisasi tentang pencegahan bahaya narkoba di SD, mereka juga mengadakan sosialisasi di kalangan lainnya. Yakni SMP dan SMA. Ditambah kalangan masyarakat umum.

“Mereka gencar mensosialisasikan kepada teman-temannya agar menjauhi Narkoba,” ucapnya.

Materi yang disampaikan kepada para pelajar adalah terkait langsung dengan dampak negatif dari konsumsi narkoba juga bahaya merokok dan minuman keras. “Karena kita melihat, para pelajar khususnya SD sangat rentan, mudah dipengaruhi oleh para pelaku peredaran gelap narkoba,” tegasnya.

“Supaya anak-anak dapat melihat langsung inilah dampaknya kalau kita mengonsumsi narkoba,” imbuh mantan aktivis Gerakan Mahasiswa Anti NAPZA (GERMAN) Universitas Negeri Malang (UM) tersebut.

M. Romadhoni, S.Pd. SD, salah satu guru SDN Citrodiwangsan 3 Lumajang berharap, dengan adanya kegiatan ini, informasi dapat bermanfaat kepada para anak didiknya. Serta mampu mendorong mereka untuk menjauhi penyalahgunaan narkoba. “Apalagi peredarannya banyak juga melalui jajanan anak-anak,” katanya.

Kegiatan ini ditutup dengan pemutaran film animasi yang meceritakan seorang pelajar yang merokok dan menenggak minuman keras. Akibatnya prestasi mereka merosot. Tak hanya itu, mereka juga akhirnya mengidap berbagai penyakit dan akhirnya meninggal. (*/fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: