Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » Setahun Menghilang DPO Maling Sapi Ditangkap

Bunoto DPO saat diamankan di Polres Lumajang
Bunoto DPO saat diamankan di Polres Lumajang
Lumajang, Motim - Setelah diburu setahun lamanya, pelaku pencurian sapi yang sudah ditetapkan sebagai daftar pencarian orang (DPO) akhirnya berhasil ditangkap oleh Tim Reserse Mobile Satuan Reserse Kriminal (Resmob Sat Reskrim) Polres Lumajang.

Pelaku yang dikenal licin itu bernama Bunoto Edi Rukyanto (36), warga Dusun Krajan, Desa Tempeh Lor, Kecamatan Tempeh. “DPO ini ditangkap di rumah istrinya di Dusun Sumberejo, Desa Kaliwungu, Kecamatan Tempeh, kemarin malam sekitar pukul 21.00 WIB,” tutur Kaur Bin Ops Sat Reskrim, Iptu Sajito, SH kepada Memo Timur, Jum’at (2/2).

Tertangkapnya Bunoto Edi Rukyanto berawal dari laporan Sukur (55), warga Dusun Sumberejo, Desa Kaliwungu, Kecamatan Tempeh, yang mengaku jika seekor sapi jenis Limusin berumur 3 Tahun warna merah miliknya dicuri maling pada 30 Desember 2016.

Atas laporan korban, Tim Resmob Sat Reskrim Polres Lumajang terus melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap Muhamad Wahid alias Mad bin Sarip (41), warga Desa Kaliwungu dan Ribut bin Misdan (30), warga Dusun Krajan, Desa Selok Awar-Awar, Kecamatan Pasirian, lengkap dengan sapi yang dicurinya.

Saat diperiksa oleh penyidik, kedua pelaku menerangkan apabila dalam aksinya itu tidak berdua melainkan bertiga bersama Bunoto Edi Rukyanto. Namun, ketika hendak ditangkap bersangkutan sudah tidak ada di rumahnya kemudian ditetapkan sebagai DPO.

“Kata kedua pelaku, Bunoto mendapat tugas menjaga situasi di luar kandang. Sedang Mad bersama Ribut bagian membuka pintu kandang dan mengambil sapi. Setelah berhasil bersama-sama membawa sapi curiannya ke lokasi persembunyian sebelum dijual,” ungkapnya.

Kemarin pagi itu, Tim Resmob memperoleh kabar dari masyarakat apabila Bunoto sudah pulang ke rumahnya, Tim Resmob terus memantaunya. Begitu melihat Bunoto di rumahnya, Tim Resmob yang sudah mengepung rumahnya langsung menggerebeknya dan Bunoto yang sudah ditetapkan sebagai DPO berhasil ditangkap.

“Bunoto sudah mendekam di rutan Polres Lumajang dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dipidana hukuman paling lama 7 Tahun. Muhamad Wahid dan Ribut sudah menjalani putusan majelis hakim pengadilan di Lembaga Pemasyarakatan kelas II B Lumajang,” pungkas Sajito.(cho)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: