Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » 2 Truck Bermuatan Kayu Curian Ditangkap

Waka ADM Muhlisin saat menunjukkan BB truck bermuatan kayu yang diamankan
Waka ADM Muhlisin saat menunjukkan BB truck bermuatan kayu yang diamankan
Lumajang, Motim -Petugas gabungan Perum Perhutani SKPH Lumajang KPH Probolinggo bersama Polres Lumajang mengamankan 2 buah truck bermuatan kayu sengon dan mahoni yang diduga hasil penebangan liar dari wilayah hutan petak 15 RPH Klakah, Rabu (7/3), pagi, sekitar pukul 04.00 WIB.

Selain mengamankan 2 buah truck Nopol DK 9408 HR dan W 8947 X lengkap dengan kayu yang diangkutnya, petugas gabungan juga mengamankan sopir dan kernet salah satu truck. Sopir itu bernama Dandik (41), warga Dusun Krajan, Desa Gedang Mas, Kecamatan Randuagung dan Moh. Imron selaku kernet.

“2 buah truck bermuatan kayu mahoni dan 2 pelaku ditangkap di sekitar SPBU Desa Petahunan, Kecamatan Sumbersuko,” kata waka ADM Perhutani KSKPH Lumajang, H. Muhlisin, S.Hut ketika dikonfirmasi Memo Timur, Rabu (7/3), via teleponnya.

Ditanya siapa pemilik kayu dan siapa sopir dan kernet truck yang berhasil kabur, menurut keterangan kedua pelaku ini, pemilik kayu berinisial HMD, warga Desa Salak, Kecamatan Randuagung. Kayu tersebut akan dikirim ke salah satu gudang kayu yang terletak di Dusun Srebet, Desa Petahunan.

Kedua pelaku yang berhasil kabur berinisial SUR dan Man. Keduanya juga sebagai warga Desa Salak, Kecamatan Randuagung. Siapa sopir dan siapa kernetnya Muhlisin mengaku belum tahu. Yang pasti, kedua pelaku masih diburu oleh petugas Perhutani dibantu oleh personil Polres Lumajang.

“Akibat perbuatan para pelaku, perum Perhutani merugi sekitar 25 juta. Belum lagi kerugian kerusakan lingkungan yang nilainya tidak terhingga Mas,” ujarnya.

Penangkapan terhadap dua buah truck ini berawal dari laporan masyarakat, apabila ada sekelompok orang telah melakukan penebangan kayu secara liar di kawasan hutan milik Perum Perhutani petak 15 RPH Klakah. Masyarakat juga menyampaikan apabila kayu itu sudah dinaikkan ke 2 buah truck hendak dikirim ke salah satu gudang kayu.

Atas laporan masyarakat itu, pihaknya terus berkoordinasi dengan Polres Lumajang kemudian bersama-sama meluncur ke lokasi. Belum sampai di lokasi, pihaknya melihat 2 truck bermuatan kayu itu sudah berjalan.

Pihaknya terus membuntuti. Ternyata, 2 buah truck itu berjalan menuju ke arah Desa Petahunan, Kecamatan Sumbersuko. Saat melintas di sekitar SPBU Desa Petahunan, truck tersebut dihentikan lalu diperiksa terkait surat-suratnya dan sopirnya tidak bisa menunjukkan.

Ketika ditanya dari mana asal kayu, sopir truck mengatakan dari wilayah hutan. “Kami amankan kemudian kami serahkan ke Polres Lumajang untuk proses hukum selanjutnya. 2 pelaku yang kabur, kami pastikan segera tertangkap karena masih diburu,” tegas Waka ADM Perhutani KSKPH Lumajang. (cho)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: