Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Petugas melakukan penyisiran di jalan untuk menertibkan parkir
Petugas melakukan penyisiran di jalan untuk menertibkan parkir
Lumajang, Motim - Dinas Perhubungan (Dishub) Lumajang secara rutin melakukan patroli untuk menertibkan parkir di kawasan perkotaan. Utamanya di jalur utama. Seperti di Jl. A. Yani dan Jl. PB. Sudirman yang kerap terjadi pelanggaran.

Kegiatan preventif dari petugas Dishub ini nampaknya membuahkan hasil. Penertiban yang hampir dilakukan setiap hari berdampak pada turunnya angka pelanggaran. Dishub mengklaim angka pelanggaran bisa ditekan dan saat ini terus menurun.

Kepala Dishub, Sugeng Priyono menyampaikan, jika di tahun sebelumnya pihaknya bisa menertibkan 40 lebih kendaraan dalam sehari. Saat ini tiap hari, rata-rata angka pelanggaran tidak sampai 10 kendaraan.

Sejak ada perubahan aturan lokasi parkir di Jl. PB Sudirman, memang petugas harus bergerak setiap hari. Untuk mengingatkan masyarakat agar memarkir kendaraan di tempat yang sudah ditentukan. Yakni di sisi timur.

“Setiap hari kita melakukan penyisiran untuk meminimalisir adanya pelanggaran,” katanya, Kamis (1/3).

Selama ini, upaya penertiban yang dilakukan pihaknya, hanya dengan memberikan peringatan. Baik itu secara lisan hingga tindakan penggembosan kendaraan yang melanggar. Seperti diketahui, jika ada kendaraan terparkir di lokasi yang salah dan tidak ada pemiliknya, petugas terpaksa menggembosi sebagai efek jerah.

“Karena kita tidak bisa menilang. Itu bukan ranah kita. Cukup kita ingatkan saja,” ujarnya pada Memo Timur.

Biasanya, kendaraan yang melanggar saat ini, kata Sugeng, adalah milik pengedara dari luar kota. Mereka mengaku tidak tahu mengenai aturan parkir yang ada. Padahal rambu-rambu parkir sudah terpasang jelas.

“Untuk sekarang rata-rata yang melanggar adalah masyarakat dari luar kota,” ucapnya.

Namun Sugeng berharap, kedepan angka pelanggaran bisa terus menurun. Kesadaran masyarakat dalam menjaga ketertiban harus lebih ditingkatkan. “Semoga masyarakat bisa lebih sadar,” pungkas Sugeng. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: