Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Baur SIM Aiptu Sarpin saat menjelaskan cara mengurus SIM
Baur SIM Aiptu Sarpin saat menjelaskan cara mengurus SIM
Lumajang, Motim - Sat Lantas Polres Lumajang membuat terobosan untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM). Dengan selesai dibangunnya Kantor Baru Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) di Jl. Panjaitan, inovasi dibuat agar masyarakat mudah dan cepat dalam mengurus SIM.

Inovasi itu yakni, pelayanan dalam mengurus SIM kini dilakukan secara elektronik dari awal hingga selesai. “Sehingga masyarakat tidak perlu ribet dan mau mengurus SIM sendiri,” kata Baur SIM, Aiptu Sarpin mendampingi Kasat Lantas, AKP Hendry Ibnu Indiarto, SH, S.IK, Rabu (7/3).

Ia juga menjelaskan tata cara mengurus SIM dengan mudah. Pertama, masyarakat yang hendak mengurus SIM baru, harus membawa surat keterangan sehat dan fotokopi KTP. Ketika tiba di Kantor Samsat, langsung ambil antrian di Mesin Ticket Printing.

Setelah dapat kertas nomor antrian, kemudian langsung menunggu di kursi untuk mengantri. Setelah dipanggil, pemohon SIM baru kemudian menyerahkan surat dokumen yang diperlukan.

Data pemohon baru ini kemudian direkam melalui alat yang ada. Data kemudian ditransfer ke alat yang berada di loket berikutnya untuk pengambilan foto. Setelah itu pemohon antri lagi di loket ini, hingga dipanggil untuk proses pengambilan foto.

Setelah dari loket pengambilan foto, pemohon antri lagi di loket ujian teori. Ketika sudah dipanggil, pemohon bisa masuk ke ruang ujian teori. Jika pemohon lulus, akan meneruskan ke ujian praktek.

“Jika tidak lulus, akan mengulang lagi ujian teori,” kata Sarpin.

Dalam ujian praktek jika pemohon dinyatakan lulus, bisa langsung ke loket pencetakan SIM. Namun jika gagal, harus mengulang lagi. “Proses pencetakan SIM baru juga mudah dan cepat, karena data dan foto sebelumnya sudah terekam,” katanya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: