Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » » » Dewan: Pemerintah Daerah Harus Punya Responsibilitas Tinggi

Ketua Komisi A DPRD Lumajang Dra. Hj. Nur Hidayati, M.Si
Ketua Komisi A DPRD Lumajang, Dra. Hj. Nur Hidayati, M.Si
Lumajang, Motim - Ketua Komisi A DPRD Lumajang, Dra. Hj. Nur Hidayati, M.Si menegaskan, Pemerintah Daerah harus memiliki responsibilitas yang tinggi. Pemerintah juga harus lebih membuka diri terhadap masukan dari semua pihak dan kalangan.

“Harus punya responsibilitas yang tinggi terhadap masukan dan realitas yang ada saat ini,” katanya.

Banyak sekali, datangnya masukan positif pada pemerintah. Agar bisa lebih memberikan pelayanan secara maksimal. “Bisa itu dari hasil audit atau penilaian kinerja,” kata Nur Hidayati pada Memo Timur.

Dari DPRD sendiri sebagai legislatif juga secara berkala memberikan masukan pada pemerintah selaku eksekutif. “Kita punya catatan strategis yang selalu disampaikan DPRD pada pemerintah daerah,” ungkapnya.

Catatan strategis ini merupakan masukan dari DPRD yang sangat bermanfaat. Sebagai bahan untuk pertimbangan dalam mengambil keputusan kebijakan selanjutnya. “Bahan dari kami untuk meninjau atau mengklarifikasi, serta menentukan kebijakan selanjutnya,” kata dia.

Jadi realitas dan permasalahan di lapangan yang ditemukan oleh DPRD akan disampaikan semua yang perlu dibenahi. “Kalau memang keadaannya seperti ini, bagaimana nanti penyelesainnya, seperti apa,” terangnya.

Dilihat dari segi pelayanan, Nur Hidayati menilai, setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) memiliki cara kerja tersendiri. Sehingga untuk mengukur penilaian baik buruknya juga berbeda pula tentuntya.

“Masing-masing punya SOP dan penilaian tersendiri. Tidak semua OPD jelek, dan tidak semua OPD baik,” tegasnya.

Komisi A sendiri tidak melulu menyoroti OPD yang dinilai masih kurang pelayannya. Namun terhadap OPD yang sudah dinilai bagus, akan diberikan apresiasi oleh pihaknya.

“OPD yang kinerjanya baik akan kita beri reward, diapresiasi. OPD yang kurang baik, akan kita pacu kinerjanya. Agar mereka bisa bekerja lebih baik lagi,” pungkasnya. Namun dia enggan menyebut, mana saja OPD yang dinilai baik dan buruk itu. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: