Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Panwas: Tidak Ada Unsur Pelanggaran Pidana
Divisi Hukum dan Penindakan, Amin Shobari, SH
Lumajang, Motim - Kepala Desa (Kades) Argosari, Ismail sempat diduga melakukan pelanggaran kampanye Pilkada Lumajang. Ia sudah dipanggil oleh Panitia Pengawas (Panwas) Pemilu Kabupaten Lumajang untuk melakukan klarifikasi.

Namun hasilnya, Panwas menyatakan tidak ada unsur pelanggaran pidana yang dilakukan kades tersebut. “Unsur pidananya belum terpenuhi,” kata Divisi Hukum dan Penindakan, Amin Shobari, SH, Kamis (1/3).

Sehingga persoalan ini dianggap selesai oleh Panwas dan bukan jadi ranah Panwas lagi. Panwas menyerahkan persoalan ini pada pihak Pemerintah Kabupaten Lumajang. Dalam hal ini Inspektorat dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DMPD).

“Karena ini masuk kategori pelanggaran kode etik kepala desa. Jadi Pemkab sendiri yang akan menyelesaikan,” katanya pada Memo Timur.

Keputusan ini diambil, usai pihaknya juga meminta keterangan dan klarifikasi pada semua pihak terkait. Termasuk pada ketiga paslon, kejaksaan, kepolisian, dan juga Panwas Kecamatan.

Dugaan pelanggaran ini mencuat, ketika kades yang bersangkutan mengajak masyarakat untuk memilih salah satu pasangan calon (paslon). Dalam sebuah kegiatan yang digelar di desa setempat.

Pernyataan kades itu dinilai menguntungkan salah satu paslon. Ketika ada paslon yang diuntungkan, artinya ada paslon lainnya yang dirugikan. “Jadi ketiga paslon kita panggil semua untuk menyelesaikan persoalan ini,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: