Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Bersih-bersih Sungai Gedang Klutuk
Bersih-bersih Sungai Gedang Klutuk
Lumajang, Motim - Sungai Gedang Klutuk yang terletak di Dusun Talsewu, Desa Wotgalih, Kecamatan Yosowilangun kondisinya parah. Banyak tanaman air yang tumbuh, sehingga sungai tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Untuk itulah, puluhan orang dari berbagai kalangan melakukan aksi bersih-bersih. Mereka bergotong royong untuk normalisasi sungai. Agar sungai bisa kembali bersih dan bisa bermanfaat sepenuhnya.

Kegiatan yang digelar, Jumat (23/3), pagi itu diikuti oleh personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Koramil Yosowilangun, Pemerintah Desa Wotgalih, mahasiswa KKN Staibu Krai, dan juga warga setempat.

Terlihat mereka melakukan pembersihan sungai secara manual. Menggunakan alat seadanya seperti sabit. Namun mereka semangat. Meski sungai tersebut cukup dalam. “Rata-rata kedalaman 30-100 sentimeter,” kata Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo.

Sekitar dua jam bersih-bersih dilakukan. Dari pukul 7 hingga pukul 9 pagi. Hasilnya, arus sungai yang awalnya tersendat kini sudah lancar. Sepanjang 500 meter sungai itu berhasil dinormalisasi.

Dengan kembali normalnya sungai, diharapkan, warga setempat selalu menjaga. Dan selalu ada pembersihan secara rutin. Agar tidak menumpuk tanaman air hingga parah seperti sebelumnya.

“Harus tetap dijaga agar sungai berfungsi,” ujarnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: