Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan Batik Tulis
Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan Batik Tulis
Lumajang, Motim - Program pemberdayaan masyarakat, khususnya bagi ibu-ibu rumah tangga (IRT) menjadi salah satu langkah Pemkab Lumajang untuk meningkatkan ekonomi keluarga. Ibu-ibu rumah tangga didorong agar mampu berwirausaha, untuk membantu perekonomian keluarganya.

Salah satunya dengan mengajari mereka membuat kerajinan batik. Seperti yang dilakukan di Desa Gucialit, Kecamatan Gucialit melalaui Dinas Tenaga Kerja Lumajang yang memberikan Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan Batik Tulis, Senin (5/3/).

Pelatihan batik tulis ini diselenggarakan mulai tanggal 5-9 Maret 2018. Selama 5 hari peserta pelatihan akan dibekali keterampilan dasar membatik. Tak hanya mendapatkan keterampilan, Dinas Tenaga Kerja juga memberikan peralatan batik bagi peserta pelatihan.

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Lumajang, Drs. Totok Sudjarwo berharap melalui kegiatan ini kedepannya masyarakat Gucialit dapat secara mandiri, serta meningkatkan keterampilannya yang berdampak terhadap peningkatan perekonomian keluarga.

“Tidak semua desa mendapatkan pelatihan semacam ini, maka harus dimanfaatkan dengan maksimal,” katanya.

Lanjutnya, pelatihan selama 5 hari ini fasilitas sudah disediakan. Seperti peralatan batik berupa wajan dan canting. “Manfaatkan baik-baik, harus diusahakan hasilnya berlanjut, buat batik khas Gucialit,” ujarnya pada peserta.

Di kesempatan yang sama, Camat Gucialit, Yudi Prasetiyo, S.STP menyampaikan bahwa tugas pemerintah adalah mendorong masyarakat produktif. Dalam hal ini ibu-ibu agar dapat membekali dirinya dengan berbagai macam keterampilan.

“Saya berharap pelatihan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi warganya,” ucapanya.(fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: