Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » » Implementasi Gemar Membaca melalui Program Pojok Baca

Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang melakukan pembinaan ke sekolah
Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang melakukan pembinaan ke sekolah
Lumajang, Motim - Banyak upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan minat baca. Utamanya untuk kalangan pelajar. Harus dilakukan dengan cara unik dan inovatif. Agar mereka bisa tertarik untuk membaca.

Untuk itu Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang melakukan pembinaan di sekolah untuk membuat atau merancang pojok baca di masing-masing kelas. Agar pojok baca yang dibuat bisa menarik.

Salah satunya yang sudah berjalan dengan bagus adalah di SMA PGRI Lumajang. Perpustakaan sekolah tersebut memiliki program pojok baca. Di masing-masing kelas juga sudah ditunjuk 2 siswa sebagai duta baca.

Bahkan pojok baca di masing-masing kelas ini dilombakan oleh pihak sekolah. Lomba juga digelar setiap bulan. Dengan menentukan juara 1, 2 dan 3 tiap bulan. “Pengumuman pemenang dilaksanakan pada upacara bendera Hari Senin pada minggu pertama setiap bulannya,” kata Cindy Vionariska, Pustakawan dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang.

Peserta lomba ini diikuti oleh seluruh kelas dengan jumlah 22 rombongan belajar. “Sedangkan penyerahan hadiah akan diberikan tiap triwulan dengan menjumlahkan nilai tiap bulannya,” katanya.

Dalam penilaian pojok baca ini, melihat tiga aspek. Yakni meliputi Pustaka, jurnal Baca dan Penampilan. Jadi, siswa harus sekreatif mungkin mendesain dan mengkreasi pojok baca di kelasnya.

Cindy berharap semua sekolah di Lumajang bisa menerapkan hal serupa. Dengan cara yang sama atau ada inovasi baru dari sekolah lainnya agar minat baca pelajar bisa semakin meningkat.

“Untuk mensukseskan Lumajang sebagai kabupaten literasi,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: