Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Kontes kambing di GOR Lumajang
Kontes kambing di GOR Lumajang
Lumajang, Motim - Kontes kambing skala nasional digelar di Lumajang. Ada 500 lebih peserta. Mereka datang dari berbagai daerah. Bukan hanya dari Jawa Timur. Dari Jakarta dan juga Jawa Tengah banyak yang ikut berpartisipasi.

Kegiatan ini digelar oleh Ikatan Indonesia Goat Breeders (IGB) Lumajang yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Lumajang. Kontes Kambing Nasional ini digelar di Gor Wira Bhakti Lumajang selama dua hari, 24-25 Maret 2017.

Kontes tersebut terbagi menjadi kelas A, B, C, D, E untuk jenis Kambing Peranakan Etawa (PE) dan Kambing Senduro, serta kelas Ekstrem. “Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Lumajang karena telah membantu dan mendampingi,” kata Ketua Panitia, Bahrul Rozi.

Dalam Kegiatan ini, didukung penuh oleh Pemerintah Daerah. “Utamanya oleh seluruh Petugas Kawin Suntik dan para Dokter Hewan yang ada di Kabupaten Lumajang,” kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD Lumajang, H. Agus Wicaksono, S.Sos., yang hadir menyampaikan, bahwa kegiatan yang luar biasa ini adalah hasil gotong royong yang dilakukan kelompok peternak.

“Ini semangat yang luar biasa untuk mengembangkan ternak, khususnya kambing yang ada di Kabupaten Lumajang,” ujarnya.

Ia bangga sekali dengan terselenggaranya kontes ini, karena kontes ini bukan hanya diikut oleh masyarakat Lumajang, namun juga beberapa daerah luar Lumajang. Ia berharap, Pemerintah Daerah dapat memberikan support yang lebih, sehingga kegiatan ini dapat menjadi kegiatan rutin tahunan.

Agus juga berharap akan ada program, dengan didukung pendataan yang baik, yang memberikan bantuan ternak kepada masyarakat miskin di daerah kawasan lingkungan hutan di Lumajang untuk dipelihara. Sehingga, dengan bibit yang bagus, maka akan menghasilkan kambing yang bagus dan berdaya jual tinggi.

Namun Ia menilai, perlu adanya Peraturan Daerah yang melindungi induk-induk kambing berkualitas dari Lumajang. Khususnya Senduro, untuk tidak dijual ke luar daerah agar kambing tersebut dapat menjadi kambing khas Lumajang.

“Pemerintah Daerah punya PR besar untuk selalu mendukung paguyuban ternak yang ada di Kabupaten Lumajang ini,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: