Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Penyuluhan Hukum Peraturan Perundang-Undangan Penanggulangan KDRT dan Perlindungan Anak
Penyuluhan Hukum Peraturan Perundang-Undangan Penanggulangan KDRT dan Perlindungan Anak
Lumajang, Motim - Tidak sedikit warga di Lumajang yang masih mengalami nasib yang kurang beruntung. Menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Mereka para korban, diminta untuk melaporkan apa yang dialaminya. Agar bisa ditangani segera.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang melalui Bagian Hukum terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait hal ini. Sosialisasi ini secara rutin dilaksanakan tiap tahunnya.

Seperti yang telah selesai dilakukan, dalam kegiatan Penyuluhan Hukum Peraturan Perundang-Undangan Penanggulangan Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) dan Perlindungan Anak.

Penyuluhan yang dilaksanakan di Kecamatan Jatiroto, Selasa (27/3), lalu, merupakan kegiatan awal di tahun ini. Karena sosialisasi serupa akan digelar di 5 Kecamatan. Jatiroto menjadi kecamatan pertama.

“Tujuannya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya pencegahan KDRT, serta pengetahuan terkait lembaga yang menangani bila terjadi KDRT,” kata Asisten Pemerintahan Setda Lumajang, Susiyanto, SH.

Ia berharap kegiatan ini juga sebagai metode yang tepat untuk mengurangi terjadinya tindak kekerasan yang terjadi di lingkup keluarga. Namun juga butuh bantuan dari masyarakat pula agar angka KDRT dapat terus ditekan.

“Tak lepas dari itu, para kader dan tokoh masyarakat dihimbau untuk mengawasi masyarakat di sekitarnya, sehingga tindak kekerasan bisa ditekan sejak dini,” ungkapnya.

Apabila terjadi tindak kekerasan di lingkungan keluarga, hendaknya dilaporkan kepada pihak berwajib. Atau bisa juga ke Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (PPT–PPA) Lumajang.

Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh masyarakat di wilayah Jatiroto yang terdiri dari kelompok masyarakat, RT, RW serta kader yang ada di desa. Adapun Narasumber dalam kegiatan ini dari PPT-PPA Lumajang, Akademisi STIH Jenderal Sudirman Lumajang, serta Kejaksaan Negeri Lumajang. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: