Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » Lumajang Gereget Raih Adipura Lagi

Taman di Alun-alun Lumajang
Taman di Alun-Alun Lumajang
Lumajang, Motim - Pemerintah Kabupaten Lumajang gereget untuk bisa meraih kembali Penghargaan Adipura di tahun ini. Tahun 2017, penghargaan di bidang lingkungan hidup itu berhasil disabet. Setelah beberapa tahun sebelumnya harus berpuasa, gagal mendatangkan piala penghargaan tersebut.

Untuk mewujudkannya, Pemkab sudah melakukan koordinasi untuk persiapan penilaian. Melalui Dinas Lingkungan Hidup, sudah diselenggarakan, Rapat di Aula Panti PKK Lumajang, Kamis (1/3) lalu.

Pada kesempatan tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lumajang, dr. Buntaran Suprianto, M.Kes., menekankan bahwa pemukiman, pasar, perkantoran, sekolah, Rumah Sakit/ Puskesmas, Terminal dan Taman Kota harus diperhatikan betul. Karena Tim Adipura Lumajang melakukan pemantauan di sana.

Persiapan sudah harus dimulai. Seperti dengan menyediakan tempat sampah pilah 5 macam untuk Organik, Plastik, Kertas, B3 dan Residu. “Selain itu, juga harus ada tempat pembuangan sampah pilah kering dan basah,” katanya.

Ia juga meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar melakukan evaluasi kebersihan di tempat yang menjadi tanggungjawabnya. Seperti Puskesmas, Rumah Sakit, Sekolah, Terminal, dan Taman Kota.

“Agar segera memantau dan mengevaluasi akan kebersihan lingkungan yang ada di Kabupaten Lumajang, supaya terbebas dari sampah,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kab. Lumajang, Ir. Agus Widarto, MM., meminta Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang agar segera membentuk Tim Pembina Adipura.

“Sehingga dapat memantau seluruh lokasi yang menjadi penilaian. Selain itu, setelah adanya pemantuan harus ada evaluasi,” katanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang, Drs. Yos Sudarso, MM., berharap dengan persiapan yang matang, akan dapat membawa penghargaan Adipura untuk Kabupaten Lumajang.

“Semoga dengan persiapan yang dilakukan, Adipura kembali diraih Kabupaten Lumajang,” ujarnya. Seperti diketahui, hingga saat ini, Kabupaten Lumajang sudah mendapat 10 kali Penghargaan Adipura. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: