Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » Manfaatkan Pekarangan untuk Budidaya Tanaman Pangan

Dinas Ketahanan Pangan lakukan pembinaan pada salahsatu KRPL
Dinas Ketahanan Pangan lakukan pembinaan pada salahsatu KRPL
Lumajang, Motim - Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang selalu memotivasi dan membina Kelompok Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Agar terus menggalakkan kegiatan KRPL guna meningkatkan ketahanan pangan keluarga.

Seperti yang sudah dilakukan. Ada kegiatan pembinaan KRPL Kelurahan Jogoyudan Kecamatan Lumajang dan Desa Kaliboto Lor Kecamatan Jatiroto. Dan akan terus bergulir ke KRPL yang lainnya di Lumajang.

Kabid. Konsumsi dan Keamanan Pangan, Ir. Bambang Gunardi, M.Si., mengatakan, pembinaan ini dimaksudkan untuk lebih mengoptimalkan diversifikasi pangan. Melalui pemanfaatan lahan pekarangan. Dengan tujuan pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi keluarga atau masyarakat.

“Melalui optimalisasi pemanfaatan pekarangan secara lestari, meningkatkan kemampuan keluarga dan masyarakat dalam pemanfaatan lahan pekarangan di perkotaan maupun perdesaan,” ucapnya.

Pekarangan yang ada, bisa dimanfaatkan untuk budidaya berbagai macam tanaman. Misalnya umbi-umbian, buah, sayuran dan Tanaman Obat Keluarga (Toga), pemeliharaan ternak, dan ikan.

Tidak hanya itu, hasil limbah rumah tangga bisa diolah menjadi kompos untuk pertumbuhan tanam agar lebih bagus. Serta, hasilnya, bisa mengembangkan kegiatan ekonomi produktif keluarga.

“Sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga dan menciptakan lingkungan hijau yang bersih dan sehat secara mandiri,” katanya.

Sasaran untuk kegiatan pengembangan KRPL adalah kelompok wanita yang tergabung dalam PKK ataupun Dasa Wisma. Dalam mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan ada beberapa teknik. Antara lain melalui sistem pot gantung, vertikultur, polybag, tabulapot, hidroponik, bedengan, dan pemanfaatan barang bekas.

“Selain manfaat estetis dan produktif, dari pekarangan yang ditanam adalah kita turut mendukung gaya hidup hijau sebagai suatu upaya untuk mengatasi laju pemanasan global di sekitar rumah kita,” ujar Bambang.

Ia menambahkan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengoptimalkan manfaat pekarangan. Seperti mempersiapkan media tanam, menentukan jenis tanaman, teknik penanaman, pemeliharaan tanaman, serta pengairan.

“Hingga pemanenan, rotasi tanaman, dan pengolahan hasil pekarangan sesuai dengan potensi dan kearifan lokal,” pungkasnya. (*/fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: