Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » Masa Kampanye, Pelanggaran Administrasi Banyak Terjadi


Lumajang, Motim - Belum genap sebulan, masa kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lumajang diwarnai hiruk pikuk pelanggaran dari masing-masing pasangan calon (paslon). Meski hingga saat ini, pelanggarannya masih dinilai ringan. Tidak sampai pada berujung pidana.

Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Lumajang mencatat, yang paling banyak adalah pelanggaran administrasi. “Seperti ada kegiatan kampanye tidak ada pemberitahuan, penyebaran Alat Peraga Kampanye (APK) yang tidak sesuai,” kata Divisi Hukum dan Penindakan, Amin Shobari, SH.

Pelanggaran yang ada ini, hasil temuan dari anggota Panwaskab dan juga Panwascam. Amin menegaskan, sejauh ini, masih belum ada laporan pelanggaran yang datang dari masyarakat. “Semuanya temuan dari teman-teman,” ucapnya.

Untuk APK, kata Amin, memang banyak temuan yang tidak sesuai di lapangan. Karena ada aturan yang sudah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Desain dan materinya harus disetujui terlebih dahulu.

“Karena sudah diatur apa saja yang tidak boleh,” ungkapnya.

Semua pelanggaran administrasi yang ditemukan ini, kemudian ditindaklanjuti ke KPU Lumajang. KPU bisa memberikan sanksi nantinya. KPU berhak untuk itu. “Bisa teguran secara tertulis dan bisa penarikan bahan kampanye tersebut,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: