Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Dinas Perikana melakukan pendampingan pada Pembudidaya Ikan
Dinas Perikana melakukan pendampingan pada Pembudidaya Ikan
Lumajang, Motim - Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Dinas Perikanan Kabupaten Lumajang terus melakukan mendampingan kepada para pembudidaya ikan di Lumajang. Selain memberikan bibit ikan, juga dilakukan pembinaan kepada mereka.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lumajang, Ir. Syaiful, MM, mengatakan, para pembudidaya juga akan mendapatkan bantuan sarana dan prasarana perikanan. Ia menghimbau, agar mereka terus fokus menjalankan usaha budidaya perikanan agar produksi hasil perikanan di Lumajang lebih meningkat dari tahun sebelumnya.

“Diharapkan dengan adanya pembinaan ini para pelaku utama pembudidaya ikan dapat pengetahuan dan keterampilan teknik pembesaran ikan lele dan gurami yang penuh inovasi,” ucapnya.

Dalam pembinaan yang dilakukan, pembudidaya ikan diberi wawasan mengenai teknik budidaya pembesaran dan pencegahan penyakit pada ikan. Salah satunya khusus ikan lele. Bagaimana pemilihan kolam yang sesuai dengan kriteria, pemilihan jenis benih ikan unggul.

“Termasuk teknik penebaran benih ikan yang benar dengan melakukan penyesuaian suhu air terlebih dahulu (Aklimatisasi), serta menjelaskan tentang teknik pembesaran ikan dengan memperhatikan pengelolaan kualitas air dan manajemen pakan ikan,” ucapnya.

Dalam budidaya ikan lele, tidak hanya teknik pembudidayaan saja yang menjadi perhatian, namun hama penyakit yang menyerang ikan lele juga harus diperhatikan. Adapun hama dan penyakit yang biasa menyerang ikan lele antara lain yaitu penyakit infeksi, hama predator, bintik putih, kembung perut, serta luka di kepala dan ekor.

“Pencegahan yang harus dilakukan yaitu dengan menjaga kualitas air, menjaga kebersihan kolam, mempertahankan suhu kolam. Serta memasang saringan pada jalan keluar masuk air sebagai pencegahan hama predator,” ucapnya.

Kemudian, soal teknik budidaya pembesaran dan pencegahan penyakit pada ikan gurami. Ada 6 hama penyakit yang menyerang ikan gurami antara lain seperti bintik putih pada tubuh ikan, ngerupus, kropok, cacar, mberas, columnaris.

“Tindakan yang harus dilakukan ketika ikan gurami terkena beberapa penyakit tersebut adalah dengan melakukan pengobatan, pemberian antibiotik, herbal dan menjaga kolam agar tetap bersih,” jelasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: