Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Longsor di Jalur Piket Nol
Longsor di Jalur Piket Nol
Lumajang, Motim - Bencana longsor kembali menerjang kawasan Lumajang selatan. Tepatnya di jalur Piket Nol yang menghubungkan Lumajang-Malang. Tebing di kilometer 56 yang tak jauh dari jembatan perak, longsor pada Hari Kamis (8/3), sekitar pukul 9 malam.

Longsor yang terjadi diakibatkan cuaca buruk yang terjadi. Seperti diketahui curah hujan di kawasan Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro itu cukup tinggi.

Material longsoran berupa bebatuan besar yang jatuh di bahu jalan. Akibatnya hal ini membuat pengedara yang melintas menjadi terganggu dan berbahaya. Petugas kemudian datang untuk melakukan evakuasi.

Dari informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, di hari yang sama, sebelumnya sekitar pukul 2 siang juga sempat terjadi longsor. “Namun material longsoran hanya berupa bebatuan kecil,” kata Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik, Wawan Hadi, SH, Jumat (9/3).

Meksi petugas sudah datang tak lama dari waktu kejadian, namun untuk evakuasi baru bisa dilakukan pagi harinya. Karena minimnya penerangan di sana, tidak dimungkinkan dilakukan evakuasi saat itu juga.

Petugas dari BPBD bersama dengan Koramil, Polsek, dan Desa setempat melakukan evakuasi material longsoran. Petugas melakukan pembersihan dan memecah batu menggunakan palu. “Dikarenakan batu terlalu besar untuk dipindahkan,” ujarnya.

Selama material longsoran di jalan, arus lalu lintas diberlakukan sistem buka tutup oleh petugas. Sekitar pukul 11 siang, material longsor baru bisa dibersihkan secara total. Arus lalu lintas juga kembali normal.

Rambu-rambu dan peringatan longsor juga telah dipasang oleh petugas di sejumlah titik agar pengendara lebih berhati-hati. “Pengguna jalan yang melintas di jalur piket nol mohon lebih waspada, rambu-rambu dan peringatan longsor sudah terpsang di bebebrapa titik,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: