Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » Tim Penilai Adipura sudah Kunjungi Lumajang, Tempat Sampah Pilah di Masyarakat perlu Diperbanyak

Petugas kebersihan membersihakan jalan di Lumajang
Petugas kebersihan membersihakan jalan di Lumajang
Lumajang, Motim - Tim penilai adipura sudah mengunjungi Lumajang dan melakukan proses penilaian pada Selasa (14/3) lalu. Ini merupakan penilaian tahap dua. Dan masih ada dua tahapan lagi untuk penentuan apakah Lumajang layak meraih penghargaan di bidang lingkungan hidup itu.

Informasi dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lumajang, tim penilai melakukan pemantauan di sejumlah titik dalam sehari saja. Ada 50 lebih lokasi yang dipantau. Seperti terminal, lembaga pendidikan, area perkantoran, jalan, dan pengelolahan sampah.

Setelah melakukan pemantauan, tim penilai kemudian menyampaikan sejumlah catatan apa yang perlu dibenahi. Karena masih ada waktu untuk melakukan perbaikan dan akan dilihat kembali pada penilaian tahap tiga nantinya.

Kepala DLH, Drs. Yos Sudarso, MM menyampaikan, adapun catatan atau evaluasi dari tim penilai, adalah mengenai pengelolaan sampah. Disebutkan, pengelolaan sampah di Lumajang masih dikatakan kurang maksimal.

Lantaran, menurut tim penilai, sangat sedikit sekali ditemui tempat sampah pilah di masyarakat. Sehingga perlu ada penambahan tempat sampah pilah ini. Masyarakat harus disadarkan betapa pentingnya tempat sampah pilah tersebut.

“Minimal ada dua tempat sampah pilah, untuk sampah organik dan anorganik,” kata dia pada Memo Timur, Rabu (14/3).

Namun untuk di lembaga pendidikan dan perkantoran, tempat sampah pilah ini sudah diterapkan. Bahkan, tempat sampah pilah yang tersedia bukan hanya dua macam saja. Namun bisa sampai lima macam.

Keberadaan tempat sampah pilah ini sangat penting, karena akan memudahkan proses pengelolaan sampah. Apalagi ketika sampai pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA), tidak perlu ada pemilahan lagi di sana.

Yos berharap, Lumajang bisa kembali meraih penghargaan adipura untuk yang ke sebelas kalinya. Dengan adanya dukungan penuh dari semua pihak utamanya masyarakat, tentunya peluang untuk menghadirkan penghargaan ini sangat besar.

“Dengan semangat kita, dan dukungan semua pihak. Kita berusaha agar mampu mempertahankan penghargaan adipura,” ucapnya.(fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: