Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » » » Dinas Perikanan kembali Tebar Benih di Tiga Ranu

Petugas dari Dinas Perikanan memberikan benih ikan
Petugas dari Dinas Perikanan memberikan benih ikan
Lumajang, Motim - Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Dinas Perikanan Kabupaten Lumajang, kembali menebar benih ikan di 3 ranu. Yakni Ranu Bedali di Desa Ranu Bedali, Kecamatan Ranuyoso, Ranu Klakah di Desa Tegalrandu, Kecamatan Klakah, dan Ranu Wurung di Desa Ranuwurung, Kecamatan Randuagung.

Dalam penebaran ini melibatkan kelompok masyarakat setempat. Kegiatan yang dilakukan juga sambil memberikan pemahaman pada masyarakat, tentang cara–cara pemanfaatan sumber daya perikanan yang benar.

“Dengan tidak merusak sumberdaya ikan yang ada, karena pemanfaatan perairan umum yang berlebihan dapat menurunkan keseimbangan ekosistem perairan,” kata Ir. Saiful, MM.

Dalam kegiatan tersebut, Benur dalam bentuk juvenil udang galah diserahkan kepada kelompok masyarakat untuk ditebar dan diawasi pengelolaannya. Adapun setiap kelompok masing-masing menerima 50 ribu ekor benur.

“Kegiatan ini juga untuk meningkatkan produksi ikan di perairan umum dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar,” ucapnya.

Seperti diketahui wilayah Lumajang memiliki banyak sungai dan sumber mata air yang sangat berpotensi untuk dilakukan penebaran benih–benih ikan. Keberadaan perairan umum ini mempengaruhi sebagian besar masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan maupun pembudidaya ikan.

“Namun demikian, aktivitas tersebut cenderung bersifat eksploitasi terhadap sumberdaya ikan dan belum memperhatikan keberlangsungan hayati perairan. Untuk itu kami harus menajaga keseimbangan ekosistem perairan,” kata dia. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: