Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Jalur pendakian Gunung Semeru
Jalur pendakian Gunung Semeru
Lumajang, Motim - Setelah ditutup beberapa bulan, jalur pendakian Semeru bakal kembali dibuka pada awal April 2018. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) melaporkan, pada tanggal 4 April 2018, jalur pendakian mulai dibuka.

Keputusan dari TNBTS ini, sesuai dengan persetujuan sejumlah pihak terkait melalui rapat koordinasi yang digelar beberapa waktu lalu.

Dalam rapat koordinasi yang telah digelar, disepakati, batasan pendakian masih diberlakukan. Pendakian dibatasi sampai pos Kalimati saja. Untuk jalur menuju puncak Mahameru masih dilarang untuk dilintasi.

Pembatasan jalur pendakian sengaja diberlakukan mengingat masih tingginya aktivitas vulkanik Gunung Semeru saat ini. Hal ini juga sebagai langkah preventif terhadap keselamatan para pendaki agar terhindar dari lontaran pijar yang dikhawatirkan sewaktu-waktu bisa terjadi karena kubah lava yang masih aktif.

Pantauan dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) diketahui aktivitas vulkanik Gunung Semeru masih cukup tinggi. “Apalagi Gunung Semeru masih berada pada status waspada level dua. Tentu hal ini masih membahayakan bagi para pendaki,” terang Liswanto, petugas PVMBG pos pantau Semeru.

Dilain pihak, John Kenedie selaku Kepala Balai Besar (TNBTS) mengatakan, pihaknya akan memperketat proses perizinan pendakian dengan syarat para pendaki menyertakan surat keterangan kesehatan dari dokter.

Selain itu, nantinya juga akan diterapkan sistem aplikasi online buat para pendaki agar tidak terjadi penumpukan di pos Ranupani.

“Meskipun sebentar lagi jalur pendakian akan segera dibuka kembali, tentunya juga akan dibarengi dengan proses perizinan pendakian. Diantaranya harus disertai surat keterangan kesehatan dari dokter dan juga akan menggunakan aplikasi online sebagai langkah awal pendaftaran dalam mendaki,” papar John Kenedie.

Lanjutnya, dirinya berharap kepada seluruh pendaki agar mentaati segala prosedur yang telah ditentukan. “Kepada seluruh pendaki mari ikuti prosedur yang ada, karena apa yang kita lakukan semata demi keselamatan bersama,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: