Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » » Kandang Ayam Terbakar, 5000 Ekor Terpanggang

Kondisi kandang dan petugas bersama warga saat gotong royong memadamkan api
Kondisi kandang dan petugas bersama warga saat gotong royong memadamkan api
Lumajang,Motim - Sebuah kandang ayam potong yang terletak di Dusun Sumbersari RT 9 RW 4 Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, milik M. Rondi, warga setempat rata dengan tanah, setelah dilahap si jago merah. Sedikitnya ada 5000 ekor ayam tewas terpanggang.

Beruntung, lokasi kandang ayam potong tersebut letaknya jauh dari pemukiman warga, sehingga kobaran api tidak melebar kemana-mana. Namun demikian, akibat kejadian itu korban diperkirakan merugi sekitar 200 juta.

Ayam potong yang berhasil diselamatkan jumlahnya masih ratusan ekor, tapi kondisinya sudah stres. Dipastikan pertumbuhannya, tidak akan normal. “Peristiwa yang cukup menghebohkan warga itu terjadi pada Senin (16/4), sekitar pukul 08.10 WIB,” tutur Sulianto, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Pronojiwo.

Kapolsek Pronojiwo, Iptu Khusnan ketika dikonfirmasi Memo Timur membenarkan telah terjadi kebakaran kandang ayam milik M Rondi. Dugaan sementara, kebakaran akibat konsleting listrik. “Masih kami lakukan penyelidikan guna memastikan penyebabnya,” katanya.

Pagi itu penjaga kandang pulang untuk sarapan. Sekitar pukul 08.10 WIB budi dan Suwarno melintas di sekitar kandang ayam dan melihat kobaran api dari dari dapur menjalar ke kandang ayam. Spontan mereka berdua berteriak kebakaran. “Budi dan Suwarno berusaha memadamkan api. Namun, gagal,” ujarnya.

Sekitar pukul 08.30 WIB, penjaga kandang datang. Melihat kejadian itu dia langsung bergabung dengan Budi dan Suwarno berusaha memadamkan api. Tak lama kemudian warga bersama personil Polsek dan Koramil serta Kecamatan Pronojiwo juga pemerintah Desa setempat datang dan terus bergagung mencari air dengan alat seadanya untuk disiramkan ke titik api.

Berkat kekompakan warga dengan petugas gabungan, setengah jam kemudian tepatnya pukul 09.00 WIB, api berhasil dipadamkan. “Api cepat membesar, karena alas kandang berasal dari sekam, struktur kandang terbuat dari kayu pinus. Dua bahan itu mudah termakan api. Ngomong kerugian sekitar 200 juta katanya Mas,” jelas Kapolsek Pronojiwo.(cho)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: