Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Logo Program Si Gempal (Aksi Gerakan Kembali ke Pangan Lokal) resmi diluncurkan, Minggu (29/4) pagi di Alun-Alun Lumajang oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lumajang, dr. Buntaran Suprianto, M.Kes.

Si Gempal adalah sebuah program yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Dinas Ketahanan Pangan. Dengan tujuan untuk mengkonsumsi bahan pangan lokal.

Peluncuran Logo Si Gempal
Peluncuran Logo Si Gempal
Buntaran usai meresmikan logo menyampaikan, Program Si Gempal bukan hanya milik dari Dinas Ketahanan Pangan saja. Namun semua Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Lumajang juga harus ikut terlibat untuk mensukseskannya.

Karena menurut Buntaran, guna percepatan implementasi atas pogram ini, perlu adanya dukungan dari semua pihak. “Saya perintahkan kepada jajaran ASN, SKPD beserta keluarga untuk mengupayakan mengonsumsi pangan non beras setiap Hari Minggu,” katanya.

Di sisi lain, ada banyak manfaat yang akan didapat jika program ini berjalan maksimal. Karena hal ini akan menghasilkan pengiritan beras hingga ribuan ton setahun. Kalau bisa, program ini dimaksimalkan, sehingga bisa menjadi program nasional pula.

“Harus ada langkah kongkret pula demi suksesnya program ini dan melaporkan hasilnya kepada presiden, sehingga bisa menjadi program nasional,” katanya.

Selain peluncuran Logo Si Gempal, di waktu dan tempat yang sama, juga ada giat SSI (Sebar Serap Informasi), dan Senam Bersama Gerakan Organisasi Wanita.

SSI diadakan oleh Dinas Kominfo. Kegiatan ini merupakan agenda rutin dalam upaya penyebarluasan informasi program-program pemerintah. Salah satunya hadir perwakilan Dinas Lingkungan Hidup yang menginformasikan adanya Bank Sampah Induk Kalpataru Lumajang dan menghimbau masyarakat untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan baik yang berdampak pada pelestarian lingkungan.

Sementara Senam bersama, merupakan rangkaian dalam rangka memperingati Hari Kartini ke-139 setelah sebelumnya telah dilaksanakan kunjungan ke Lapas. Ratusan anggota Organisasi Wanita mengikuti senam dengan menggunakan pakaian tradisional.

Ketua GOW, Tutuk Fajriyatul Mustofiah, S.H. mengatakan. agar para perempuan di Lumajang mampu meneladani karakter R.A. Kartini. “Mudah-mudahan para wanita di Lumajang ini bisa menjadi ibu yang cerdas dan tetap ramah dan santun kepada siapapun,” katanya. Di kegiatan ini, juga ada pula pemeriksaan dan pengobatan gratis untuk 200 lansia dan dhuafa. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: