Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » » » LSM Kapak Temui Plt Bupati dr. Buntaran

LSM Kapak melakukan audensi dengan Plt Bupati dr. Buntaran
LSM Kapak melakukan audensi dengan Plt Bupati dr. Buntaran
Lumajang, Motim - Lembaga Swadaya Masyrakat (LSM) yang menamakan diri Komite Aksi Penegak Keadilan (Kapak) Pertambangan menemui Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lumajang, dr. Buntaran, Rabu (11/4), siang di Kantor Bupati.

Kedatangan Kapak ini untuk menyampaikan persoalan tambang pasir yang ada di Desa Jugosari, Kecamatan Candipuro. Karena Kapak menemukan pelanggaran yang dilakukan oleh perusahaan yang sudah mengantongi izin untuk eksploitasi tambang pasir di sana.

Pembina Kapak, Nawawi menyampaikan, pelanggaran yang ditemukan yakni, perusahaan melakukan eksploitasi di luar titik koordinat sesuai izin yang sudah ditetapkan. Dari temuan ini, Kapak kemudian melapor ke pihak berwajib dan juga menyampaikan pada dr. Buntaran.

“Kata Pak Buntaran, pihak Pemkab akan melakukan kroscek ke lapangan terkait laporan kami soal penambangan itu,” kata Nawawi pada sejumlah wartawan usai menemui Buntaran.

Jika memang nantinya benar terjadi pelanggaran, baru akan ditindak sesuai dengan hukum yang berlaku. “Atau bisa dihentikan. Karena kami sampaikan itu sangat merugikan,” lanjutnya.

Selain di Jugosari, menurutnya, kejadian serupa juga terjadi di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro dan juga di Desa Gonsoruso, Kecamatan Pasirian. “Dan itu memang betul-betul terjadi dan jika dibiarkan akan mengancam wilayah di sana,” ujarnya.

Atas laporan pelanggaran ini, pihak Kapak juga mendapat intimidasi oleh beberapa orang-orang yang bekerja pada perusahaan tersebut. Intimidasi berupa kekerasan fisik yang diterima oleh Miskadin, selaku Ketua Kapak dan adiknya Miskanto. Kejadian ini juga sudah dilaporkan ke Polres Lumajang.

“Pemukulan dilakukan di lokasi tambang,” kata dia. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: