Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Studi banding Pemdes Karangsari ke Desa Ponggok
Studi banding Pemdes Karangsari ke Desa Ponggok
Lumajang, Motim - Untuk persiapan mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Pemerintah Desa (Pemdes) Karangsari melakukan studi banding ke Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Rabu (18/4).

Seperti diketahui, BUMDes di Ponggok ini dinilai sukses secara nasional. Serta menjadi percontohan bagi desa-desa lainnya di seluruh Indonesia. Ada banyak bidang usaha yang berjalan dengan baik di sana.

Kepala Urusan Perencanaan Pemdes Karangsari, Vicky Firman Rozaqi mengatakan, ada 12 bidang usaha yang berjalan di Desa Ponggok. Diantaranya sewa mobil, pertokoan, penginapan, pariwisata, pertanian, perikanan, hingga perkebunan.

Keuntungan yang didapat pun nilainya lumayan besar. Per tahun bisa mendapat keuntungan bersih hingga Rp 2 miliar. “Yang mengelolah itu diluar staf desa,” kata Vicky pada Memo Timur, Rabu (18/4) siang.

Dari hasil studi banding inilah, nantinya sedikit banyak bisa diterapkan di Desa Karangsari. “Meskipun tidak sesukses seperti Desa Ponggok, yang penting BUMDes Karangsari bisa berjalan dengan baik di awal,” terangnya.

Rencananya di Karangsari, melihat potensi yang ada, ada dua bidang yang akan dikembangkan dalam BUMDes. Yakni pertanian dan pariwisata. Untuk pertanian, beras hasil dari petani di Karangsari akan dikelolah nantinya.

“Jadi masyarakat Karangsari akan beli beras dari petani di Karangsari. Serta lainnya akan kita jual ke luar,” jelasnya.

Sedangkan untuk pariwisata, pematang sawah yang ada di desa akan dimanfaatkan betul sebagai destinasi wisata. Akan dibangun beberapa spot foto di sawah untuk menarik wisatawan.

“Nanti wisatanya lebih ke spot untuk fotografi,” ungkap Vicky.

Persiapan pembangunan BUMDes sudah dimulai tahun ini. Dan tahun depan pembangunan infrastruktur secara keseluruhan akan dilakukan. Di area BUMDes juga akan dibangun taman desa dan juga pusat olahraga. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: