Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » » » Salak Pronojiwo Makin Diminati Warga Luar Kota

Salak Pronojiwo
Salak Pronojiwo
Lumajang, Motim - Salak Pronojiwo adalah salah satu produk unggulan pertanian dari Lumajang. Semakin hari, peminat salak ini, makin banyak dari luar kota. Seperti dari Banyuwangi, Jember, bahkan hingga ke Pulai Bali.

Sayuti (47), salah satu petani salak asal Desa Kalibening, Kecamatan Pronojiwo menyampaikan, salak dari Pronojiwo yang merupakan jenis salak pondoh memang memiliki rasa yang khas. Sehingga diminati banyak orang.

Salah satu penyebab rasanya yang berbeda adalah seperti diketahui perkebunan salak yang ada berada di dataran tinggi. Berada di suhu yang dingin, salak tumbuh dengan bagus dan rasanya gurih, renyah, dan manis.

Hal ini tentunya berbeda dengan salak lainnya. “Tanah yang baik dan bersuhu dingin membuat rasa salak terasa renyah, gurih dan manis. Ini yang membedakan rasa salak dari Pronojiwo dengan salak lain,” kata Sayuti.

Kendati Salak Pronojiwo sudah punya area pemasaran luar kota, Ia berharap ada upaya kepedulian nyata dari pemerintah setempat untuk membantu meningkatkan produktivitas buah salak.

Sebab, sangatlah strategis dan berpotensi besar untuk memacu peluang kerja dan tentunya menambah sumber pendapatan daerah. “Sampai saat ini daerah luar kota yang menjadi langganan pemasaran dan meminati salak. Ke depan akan sangat bagus apabila dikembangkan agar masyarakat bisa memanfaatkan peluang ini,” ucapnya.

Untuk mendapatkan buah ini cukup mudah. Selain dijual di sejumlah lokasi dan pasar, juga bisa mendatangi langsung tempat penjualan seperti hampir di sepanjang jalan raya Kecamatan Pronojiwo. Di sana harganya pun masih relatif terjangkau, perkilogram salak dibanderol Rp 5 ribu. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: