Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Pelaksanaan UNBK di SMA Mataram Tempursari
Pelaksanaan UNBK di SMA Mataram Tempursari
Lumajang, Motim - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMA Mataram Tempursari mengalami kendala. Server utama terserang virus, sehingga tidak bisa digunakan dan terpaksa menggunakan server cadangan.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Lumajang, Drs. Sugiono Eksantoso., MM melaporkan, diketahui virus rasonware menyerang server sejak pelaksanaan UNBK sesi tiga berakhir, Senin (10/4) sore. “Setelah log out sesi ketiga, muncul virus itu dan minta tebusan sejumlah uang,” katanya pada Memo Timur, Selasa (10/4).

Namun Ia memerintahkan agar pihak sekolah tidak menanggapi permintaan tersebut. Kemudian melaporkan kejadian ini kepada Pemprov Jatim dan pusat. Ada instruksi untuk menggunakan server cadangan agar pelaksanaan UNBK di hari kedua bisa berjalan.

“Perangkat yang terserang virus masih kita perbaiki dan sekarang menggunakan yang cadangan,” lanjutnya.

Namun penggunaan server cadangan tidak semaksimal server yang utama. Untuk bisa masuk ke server cadangan sedikit mengalami kendala. Harus menunggu cukup lama sekitar 45 menit.

“Sehingga pelaksanaan ujian harus molor karena untuk log in, harus loading cukup lama,” terangnya.

Sesuai aturan dari pusat, server cadangan seharusnya hanya boleh dipakai sekali. Namun melihat kondisi ini, Sugiono meminta kebijakan agar di SMA Mataram Tempursari bisa menggunakan server cadangan hingga server utama selesai diperbaiki.

“Kita minta kebijakan, akhirnya diperbolehkan,” ungkapnya. Untuk mengantisipasi hal serupa, server cadangan lainnya juga dipersiapkan. “Sudah saya perintahkan untuk menyiapkan server lain,” ungkapnya.

Kejadian yang menimpa SMA ini sebenarnya bukan pertama kali. Sebelumnya saat Ujian Akhir Sekolah Bersama Nasional (UASBN), server mereka juga terserang virus. “Kejadian ini sama saat UASBN yang lalu,” terangnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: