Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » Tingkatkan Produktivitas Padi, Penanaman Padi Hibrida Diperluas

Temu lapang Dinas Pertanian dengan Kelompok Tani
Temu lapang Dinas Pertanian dengan Kelompok Tani
Lumajang, Motim - Perkembangan luas pertanaman padi khususnya untuk varietas padi hibrida saat ini cenderung masih rendah di Lumajang. Hal ini disebabkan penilaian dan pemahaman petani terhadap varietas unggul padi Hibrida masih kurang.

Oleh karena itu, untuk menambah pengetahuan petani tentang padi hibrida, Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Dinas Pertanian Lumajang menggelar kegiatan Temu Lapang yang bertajuk Panen Padi Hibrida di beberapa kelompok tani.

Kabid Tananam Pangan, Ir. Sudjono, M.P., mengatakan bahwa dengan varietas bibit padi yang berbeda yaitu Ciherang, Situ-Bagendit, IR64 dan Hibrida Aries Prima, dengan tempat dan perlakuan yang cukup sama, terbukti secara nyata padi Hibrida lebih unggul.

“Bahkan hasil ubinan yang didapatkan cukup tinggi dengan hasil 7,2 kilogram dengan produktivitas real 10 ton per hektare,” ujarnya.

Ia menghimbau agar petani sudah merubah pola tanam padi dengan menggunakan varietas benih bibit baru. Petani juga harus selalu berkomunikasi dengan rekan-rekan penyuluh di lapangan karena setiap varietas belum tentu sama dan menghasilkan hasil yang bagus.

“Tergantung dari kondisi geografis, antara lain suhu, sinar matahari, ketinggian dan kelembaban,” katanya.

Selain itu, petani juga dihimbau harus dan mutlak menggunakan pupuk organik untuk menjaga unsur hara tanah, agar kualitas tanah tetap baik dan terjaga. Sesuai dengan spirit yang dimiliki kota Lumajang yaitu Sigarpunbulat.

Disamping itu, kebiasaan petani yang membakar jerami usai panen, harus segera dirubah. Agar tidak lagi membakarnya namun bisa dibuat kompos yang sangat bermanfaat sebagai pupuk organik bagi sawah dengan menggunakan decomposer.

“Sehingga tanah semakin subur dan hasil panen meningkat,” ucapnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: