Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur sudah datang di Lumajang untuk melakukan zonasi Kawasan Situs Biting. Tim BPJB Jatim mulai melaksanakan tugas pada Kamis (19/4) lalu.

Rencananya, untuk menetapkan zonasi di kawasan situs yang terletak di Desa Kutorenon Kecamatan Sukodono itu, tim akan berada di Lumajang hingga Selasa (24/4), mendatang. Zonasi ini dilakukan, untuk menetapkan mana zona inti, zona penyanggah, dan zona pengembang.

Zonasi kawasan situs biting yang dilakukan oleh BPCB Jatim
Zonasi kawasan situs biting yang dilakukan oleh BPCB Jatim

Anggota Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Masyarakat Peduli Peninggalan Majapahit (MPPM) Timur, Lutfia Amerta mengatakan, pihaknya ikut mendampingi dalam kegiatan ini. Ketika sudah ditetapkan zonasi itu, tentunya pelestarian kawasan situs akan lebih mudah.

Ia menjelaskan, untuk zona inti, adalah zona yang dilarang dilakukan pembangunan apapun. Zona penyanggah, adalah zona diantara zona inti dan zona pengembang. Sama, di zona ini tidak boleh dilakukan pembangunan apapun.

Namun sejauh ini, diketahui ada sejumlah bangunan yang berada di zona penyanggah. “Kalau yang sudah terlanjur, tidak apa-apa. Namun selanjutnya kalau sudah ditetapkan, akan dilarang,” jelasnya.

Sedangkan zona pendukung, adalah zona yang diperbolehkan dilakukan pembangunan guna mendungkung kawasan situs. Seperti dibangun museum, tempat jual beli, maupun lapangan untuk kegiatan.

Seperti diketahui, kawasan situs biting ini memiliki luas sekitar 135 hektare. Namun selama ini, pelestarian di kawasan ini dinilai kurang terawat. Bahkan, sebelumnya, ada sejumlah bangunan bersejarah yang rusak. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: