Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Sat Linmas) tidak hanya berisi kaum laki-laki saja. Namun ada di antaranya anggota dari kaum perempuan. Jumlahnya memang tidak banyak. Namun mereka juga siap untuk ikut mengamankan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) mendatang.

Dari ribuan anggota Sat Linmas yang ada di Lumajang, ada 68 di antaranya yang merupakan perempuan. Mereka juga sudah mengikuti pembinaan agar paham mengenai tugas pokok dan fungsi mereka sebagai Sat Linmas. Utamanya saat coblosan Pilkada.

Anggota Sat Linmas mengikuti Workshop Penguatan Anggota Linmas
Anggota Sat Linmas mengikuti Workshop Penguatan Anggota Linmas
Kepala Satuan Polisi Pamong Paraja (Satpol PP) Lumajang, Drs. Basuni mengatakan, dari jumlah anggota perempuan yang ada, paling banyak dari Desa Gesang Kecamatan Tempeh. Jumlahnya mencapai 59 perempuan.

“Sementara sisanya tersebar di desa lainnya,” ucapnya.

Meski perempuan, tidak ada perbedaan bagi mereka dalam menjalankan tugas nantinya. Mereka juga harus bisa menjaga kondusifitas selama Pilkada. Dalam waktu coblosan, para anggota perempuan ini juga akan dikerahkan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Mereka juga akan mengamankan TPS nantinya. Sama dengan anggota laki-laki,” ujar Basuni, Jumat (11/5).

Sebagai bekal diri dalam menjalankan tugas, semua anggota Sat Linmas harus mengikuti Workshop Penguatan Anggota Linmas. Workshop yang digelar di Aula Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lumajang dan dibagi dalam sejumlah angkatan.

Di kesempatan lain, Sekretaris Daerah Lumajang, Drs. Gawat Sudarmanto, menyampaikan bahwa Sat Linmas harus disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan. Diantaranya untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, memelihara keamanan, ketentraman, ketertiban, dan kegiatan sosial kemasyarakatan.

“Sat Linmas harus membangun sinergitas dengan pemerintah desa, dengan begitu dapat menjalankan fungsi dan tugasnya dengan baik, sehingga dapat meredakan suatu konflik yang berada di daerahnya,” katanya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: