Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Para penambang tradisional yang ada di Desa Jugosari, Kecamatan Candipuro akan melapor ke pihak kepolisian atas dugaan pungutan liar dan penipuan oleh seseorang. Karena sudah merugikan para penambang tradisional.

Salah satu penambang tradisional, Sinto mengungkapkan, beberapa tahun lalu dirinya disuruh oleh seseorang untuk mengkoordinir sejumlah penambang tradisional di Desa Jugosari. Yakni untuk mengurus Ijin Penambangan Rakyat (IPR).

Salah satu penambang tradisional, Sinto
Salah satu penambang tradisional, Sinto
Syaratnya tiap penambang tradisional dimintai uang sebesar Rp 250 ribu. Jumlah penambang yang ada di Jugosari diperkirakan mencapai ratusan orang. “Saya dulu yang disuruh menarik uang untuk pengurusan IPR katanya, tapi sampai sekarang IPR nya tidak kunjung selesai,” ucap Sinto kepada sejumlah wartawan, Senin (14/5).

Selain itu, masih menurut Sinto, pihaknya juga menyayangkan atas retribusi yang ditarik dari tiap penambang tradisional per harinya. Meski angkanya kecil namun per hari Sinto bisa setor sebesar Rp 200 - 300 ribu.

“Saya juga setor tiap hari hasil penarikan ke penambang total per hari antara Rp 250 - 300 ribu, dan uang juga saya setorkan ke pak Pras,” tambahnya.

Sementara itu pihaknya bersama ratusan penambang yang merasa jadi korban, dalam waktu dekat bakal membawa kasus ini ke pihak berwajib atau Kepolisian. Karena apa yang dilakukan dianggap penipuan dan pemerasan serta pungutan liar di kalangan penambang tradisional.

Sementara itu, Sekretaris LSM Indonesia Bureaucrary Watch Lumajang, Abdul Manaf mengatakan, pihaknya akan melakukan investigasi guna memastikan kebenaran dari korban penarikan, salah satunya Sinto.

Jika memang benar, maka pihaknya akan melaporkan bersangkutan ke Polres Lumajang. “Zaman sekarang ini tidak ada orang yang kebal hukum. Jika bersalah, polisi pasti akan memprosesnya secara hukum,” tegasnya. (cho)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: