Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » » Pencurian Sapi Marak, Polisi Lakukan Anev

Lumajang, Motim - Aksi pencurian sapi di wilayah Kecamatan Ranuyoso sejak beberapa bulan terakhir ini, marak terjadi. Kondisi ini membuat sejumlah warga yang memelihara atau merawat sapi mulai ketakutan, khawatir sapinya menjadi sasaran berikutnya. Masyarakat berharap ada tindakan tegas dari aparat Kepolisian baik dari Polsek Ranuyoso maupun Polres Lumajang.

Pada Kamis (3/5), sekitar pukul 03.00 WIB, 4 ekor sapi milik juragan sapi bernama Mattasan (42), warga Dusun Klontong, Desa Meninjo, Kecamatan Ranuyoso, ditemukan hilang dari kandangnya dicuri maling. Dua hari kemudian tepatnya pada Sabtu (5/5), sekitar pukul 01.00 WIB, 1 ekor sapi Limosin milik seorang guru ngaji bernama Hasin (34), Dusun Kaporan, Desa Meninjo, juga ditemukan hilang.

warga saat melakukan pemblokiran jalan
warga saat melakukan pemblokiran jalan
“Saya minta aparat kepolisian benar-benar memperhatikan kondisi ini, karena masyarakat sudah mulai ketakutan. Jika tidak ada tindakan tegas dari kepolisian, khawatir ulah maling makin berani dan merajalela,” kata Rahmad, salah satu tetangga korban.

Sementara itu, Paur Subbag Humas Polres Lumajang, Ipda Catur Budi Baskara menyampaikan, aksi pencurian sapi termasuk kejahatan lain yang sudah terjadi merupakan tanggungjawab jajarannya yakni Polres Lumajang.

Belum terungkapnya kasus-kasus tersebut kata Catur Budi Baskara, bukanlah berarti jajarannya diam dan berpangku tangan saja. Akan tetapi, pihaknya terus melakukan koreksi diri dengan cara melakukan Analisa dan Evaluasi (Anev) secara berkala.

Banyaknya aksi kejahatan belakangan ini, merupakan tamparan keras bagi Polres Lumajang. “Tapi, kami yakin secara perlahan kasus demi kasus akan terungkap, pelakunya juga akan tergaet oleh Tim Resmob. Sebab, penyelidikan terus dilakukan,” tegas Paur Subbag Humas.

Pihaknya berharap, masyarakat juga ikut andil dalam menciptakan lingkungan aman dan kondusif dengan cara menghidupkan kembali ronda keliling. Tanpa keikutsertaan masyarakat, tugas polisi tidak akan bisa maksimal.

“Juga penting, apabila melihat atau menjadi korban kejahatan, masyarakat segera melaporkan kejadian itu kepada Polsek terdekat, biar segera diambil tindakan tegas. Minimal bisa menggagalkan aksi kejahatan itu,” ungkapnya.(cho)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: