Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Petugas gabungan yang terdiri dari personil Perum Perhutani bersama Polsek Klakah, Polsek Randuagung dibackup personil Sat Reskrim dan Sat Sabhara Polres Lumajang, berhasil mengamankan sebuah truck N 8186 UY bermuatan kayu jati tanpa dilengkapi dokumen dari pihak terkait.

Sopir truck bernama Suraji (38) dan pemilik kayu bernama Misto (35), keduanya warga Desa Kudus, Kecamatan Klakah, juga diamankan petugas. Diduga kayu jati sebanyak 6,75 M3 itu dicuri dari kawasan hutan di wilayah Kecamatan Pasirian.

Truck berikut 2 orang yang diamankan petugas gabungan
Truck berikut 2 orang yang diamankan petugas gabungan
Untuk keperluan proses hukum selanjutnya, usai dilakukan pendataan, Suraji dan Misto berikut BB truck dan kayu yang diangkutnya terus dibawa ke Polsek Klakah. “Kasus ini saya serahkan sepenuhnya ke Polsek Klakah untuk diproses hukum Mas,” tutur Waka ADM Perum Perhutani KSKPH Lumajang KPH Probolinggo, H. Muhlisin, S.Hut kepada Memo Timur, Sabtu (5/5).

Awalnya, pada Kamis (3/5) malam, pihaknya memperoleh informasi dari masyarakat, jika ada sebuah truck masuk ke kawasan hutan petak 18A RPH Bago BKPH Pasirian. Curiga akan mengangkut kayu hutan, pihaknya terus mendatangi lokasi sesuai informasi masyarakat.

Tapi sayang, sesampainya di lokasi, truck dimaksud sudah tidak ada. Informasi masyarakat, truck tersebut keluar dari kawasan hutan melaju kencang menuju arah Lumajang. Tak mau kehilangan jejak truck yang dicurigainya, apalagi pihaknya keterbatasan personil, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Polres Lumajang, Polsek Klakah juga Polsek Randuagung.

Berharap petugas tersebut bisa mencegat dan mengamankan truck yang mencurigakan itu. Ternyata, truck yang diburu itu lolos dari pantauan petugas dan pihaknya kehilangan jejak. Tak lama kemudian pihaknya menerima informasi lagi apabila kayu jati tersebut berada di gudang Misto dan siap mau dikirim ke Madura.

Atas informasi itulah, pihaknya melakukan penghadangan di sekitar Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Klakah. Tak berselang lama, truck tersebut melintas, oleh petugas langsung dihentikan. Setelah diperiksa, ternyata truck tersebut mengangkut kayu jati tanpa dilengkapi dengan dokumen sah dari pihak terkait.

“Suraji dan Misto berikut truck terus dibawa ke Polsek Klakah. Kini keduanya masih menjalani proses pemeriksaan penyidik unit Reskrim Polsek Klakah,” kata Muhlisin.

Kapolsek Klakah, AKP Dodik Suwarno, SH ketika dikonfirmasi Memo Timur membenarkan jika pihaknya telah mengamankan truck bermuatan kayu jati diduga hasil curian berikut sopir truck dan pemilik kayu.

“Suraji dan Misto sudah diperiksa dan sudah ditahan. Kasus ini masih terus dikembangkan guna mengungkap pelaku yang lain,” tegas Kapolsek Klakah.(cho)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: