Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » » Semua OPD Diarahkan Miliki Pelayanan Berbasis Aplikasi Online

Lumajang, Motim - Semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintah Kabupaten Lumajang diarahkan untuk memiliki pelayanan berbasis aplikasi online. Hal ini harus dilakukan, mengingat perkembangan teknologi yang berkembang pesat saat ini. Serta banyak keuntungan yang didapat pemerintah dan masyatakat. Karena pelayanan yang diberikan akan lebih efektif dan efesien.

Launching Aplikasi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Berbasis Mobile Online
Launching Aplikasi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Berbasis Mobile Online
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Pemkab Lumajang, Ir. Agus Widarto, MM, mengatakan, aplikasi online yang dibuat utamanya untuk pelayanan perizinan. Sehingga masyarakat lebih mudah dalam mengurus perizinan.

Meskipun nantinya yang memproses dan mengeluarkan izin dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTS), namun semua OPD terkait harus tetap berikan pelayanan untuk membantu masyarakat. Sehingga perizinan yang disampaikan cepat diproses oleh DPMTS.

“Karena jika berkas lengkap, tidak sampai seminggu izin sudah keluar,” katanya saat menghadiri Launching Aplikasi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Berbasis Mobile Online di Aula Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR), Senin (14/5) pagi.

Lanjutnya, OPD terkait harus membantu masyarakat dalam menyiapkan berkas apa saja yang harus dipenuhi. Melalui aplikasi ini, masyarakat yang akan mengajukan perizinan bisa lebih tahu apa saja persyaratan tanpa harus datang ke kantor OPD. “Jadi bisa lebih cepat,” ujarnya.

Contohnya, di aplikasi IMB Kabupaten Lumajang milik DPUTR, selain apa saja persyaratan yang harus disiapkan, juga keterangan terkait mekanisme dan alur mengurus IMB. Aplikasi yang dapat diunduh di Play Store ini, juga bisa digunakan untuk menghitung perkiraan biaya yang harus dikeluarkan dalam mengurus IMB.

“Sehingga bisa transparan dan meminimalisir kecurangan,” ujar Agus Widarto.

Selain aplikasi IMB, Agus Widarto menyampaikan, nantinya semua perizinan juga akan diarahkan seperti ini. Misalnya untuk pengurusan perizinan klinik, nanti Dinas Kesehatan juga harus ada aplikasi online juga.

“Termasuk untuk perizinan tambang pasir juga,” jelasnya. Meskipun nantinya yang mengeluarkan izin dari provinsi. Dari OPD terkait di Pemkab bisa membantu untuk melengkapi syarat administrasi.

Kepala DPUTR Lumajang, Ir. R. Hadi Prayitno, M.T. menambahkan, aplikasi yang ada memang masih belum sempurna. Karena masih ada tambahan nantinya dalam aplikasi ini. “Kedepan akan ditambahkan apa yang kurang pada aplikasi ini,” jelasnya.

Ia menambahkan, aplikasi serupa ini, di Play Store masih sangat sedikit. Dan dia berharap akan banyak masyarakat yang memanfaatkan aplikasi ini. “Di Play Store masih ada tiga aplikasi yang sama,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: