Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » » Surat Suara Pilbup Sudah Masuk Proses Lipat

Lumajang, Motim - Surat suara untuk Pemilihan Bupati (Pilbup) dan Wakil Bupati Lumajang pada 27 Juni 2018 mendatang sudah mulai masuk proses lipat. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang hanya membutuhkan waktu dua hari untuk menyelesaikan pelipatan ini.

Divisi Keuangan dan Logistik, Yusuf Adi Pamungkas mengatakan, untuk pelipatan surat suara Pilbup dilakukan pada 29-30 Mei 2018. Sedangkan untuk surat suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Wakil Gubernur sudah dilakukan sebelumnya pada 27-28 Mei 2018. Sama-sama membutuhkan waktu dua hari yang dikerjakan di Amanda Sport Center.

Proses pelipatan surat suara
Proses pelipatan surat suara
Dalam proses ini, pihaknya mengerahkan sekitar 350 petugas pelipat yang sudah direkrut sebelumnya. Perekrutan petugas pelipat ini tidak dilakukan sembarangan. Mereka adalah orang-orang yang sudah dikenal oleh Sekretariat KPU.

“Jadi jika ada masalah, mudah terdeteksi. Pertanggungjawabannya juga mudah,” katanya pada Memo Timur.

Yusuf menambahkan, surat suara Pilbub sudah diterima sekitar 2 minggu yang lalu dari pihak pemenang lelang. Ada 417 boks yang diterima, tiap boks berisi 2 ribu surat suara. Serta satu boks khusus untuk cadangan pemilihan ulang. Total keseluruhan ada 836 ribu lembar.

“Jumlah yang ada sudah diketahui dan menjadi kesepahaman bersama dengan pihak kepolisian maupun Panwaslu,” katanya.

Namun jumlah ini bisa berkurang, karena ada kemungkinan terdapat surat suara yang rusak. Seperti halnya surat suara Pilgub yang sebelumya ada 300 lembar lebih yang rusak, sehingga tidak bisa digunakan.

Seperti diketahui, untuk surat suara Pilgub, sudah diterima dari KPU Jatim pada 24 Mei 2018. Dengan total 834 ribu lembar. Sedangkan kebutuhan seharusnya termasuk surat suara cadangan adalah 833.700 lembar. Adanya surat suara yang rusak, sehingga ada kekurangan 300 lembar lebih.

“Untuk kekurangan kita rapatkan, kita sampaikan ke KPU Provinsi untuk tambahan,” jelasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: