Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Selama Ramadhan, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Lumajang lebih gencar melakukan upaya pengendalian inflasi. Karena setiap tahun pada saat Ramadhan dan menjelang hari raya, ada kecenderungan kenaikan harga yang dapat memicu kenaikan inflasi.

Salah satu penyebab terjadinya inflasi adalah kebiasaan masyarakat yang lebih konsumtif pada bulan ramadhan. Penyebab lainnya karena kelangkaan barang kebutuhan pokok di pasaran yang disebabkan terjadinya penimbunan barang, baik oleh pedagang maupun individu.

Kasubag Data Perekonomian pada Bagian Administrasi Energi Sumber Daya Alam dan Perekonomian Setda Lumajang, Arief Mashudi menjelaskan, dalam beberapa tahun terakhir ini fluktuasi inflasi di Kabupaten Lumajang dominan dipengaruhi oleh penyebab inflasi kelompok bahan makanan yang harganya fluktuatif.

“TPID Kabupaten Lumajang lebih fokus pada pengendalian inflasi yang disebabkan kelompok volatile food yaitu pada aspek produksi, suplai, distribusi dan konsumsi yang saling berkaitan,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi kenaikan harga selama Ramadhan, Pemkab juga gencar melakukan koordinasi dengan OPD dan instansi–instansi terkait data produksi bahan komoditas pangan. Selain itu upaya lain yang dilakukan Pemkab dengan melakukan operasi pasar, operasi harga, menyelenggarakan Pasar Murah Ramadhan dan menjaga kelancaran arus distribusi barang. Selain bahan kebutuhan pangan, TPID juga menjaga ketersediaan Migas (BBM dan LPG).

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan, Drs. Agus Eko mengatakan bahwa ketersediaan bahan pokok dan harga sembako di Lumajang relatif aman. “Insya Allah Lumajang masih aman, kita prediksi tidak ada kenaikan yang cukup ekstrim,” tegasnya.

Ia menghimbau kepada masyarakat agar tidak perlu panik dengan mengkonsumsi secara berlebihan, tidak melakukan penimbunan stok, gunakan sesuai kebutuhan, dan untuk pedagang tidak menaikkan harga melebihi ketentuan. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: